spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Generasi Milenial Jangan Asal Pilih Pilkada

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Generasi milenial diimbau untuk tidak asal mencoblos dalam menggunakan hak suaranya di Pilkada Serentak 16 Kabupaten Kota dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

    Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Nina Herlina menjelaskan, pemilih pemula agar memilih kandidat dengan cerdas dan rasional agar terwujudnya pemimpin terpilih yang berkualitas dan terlegitimasi.

    BACA JUGA: Tahapan Pilkada Pangandaran Dimulai Kembali 15 Juni Mendatang

    “Apalagi pemilih pemuda sangat potensial dan secara kuantitas sekitar 30 persen, sehingga suaranya akan sangat menentukan kepemimpinan Jawa Barat lima tahun ke depan,” ujar Nina, Sabtu (7/4/2018).

    Sementara itu, mantan Komisioner KPU RI, Ferry Kurnia Rizkiansyah menambahkan, pemilih pemula harus berperan aktif mendukung mewujudkan pemimpin baru yang terpirih dengan cara cerdas dengan akal sehat.

    “Pemilih pemula jangan hanya jadi penonton sejarah, tapi jadilah pembuat sejarah,” tambahnya.

    Tidak hanya itu, sikap golput agar tidak dilakukan para pemilih pemula, terutama pada kalangan mahasiswa jika sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

    “Pastikan terdaftar, serta tahu dan memahami pemilu. Karena pemilih adalah subjek demokrasi,” terangnya.

    (Adie/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img