spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Ciamis Kembangkan Kawasan Pisang Cavendish, 45 Hektar Lahan Tanam Disiapkan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis menginisiasi program pengembangan kawasan pisang tahun 2018. Prorgam tersebut sebagai upaya terintrigasi dengan kebutuhan bahan baku home industri makanan olahan berbahan baku pisang yang banyak berkembang di Ciamis.

    Kepala Dinas Pertanian Ciamis Kustini didampingi Kepala Bidang Hortikultura Tini mengatakan, program pengembangan kawasan pisang dengan varietas pisang cavendish ini sudah disosialisasikan dan direspon baik oleh petani. Sedikitnya 45 hektar lahan milik petani siap ditanami pisang cavendish.

    “Lahan yang akan ditanami ini totalnya ada 45 hektar itu punya petani. Nanti bibit pohon pisangnya dibantu melalui sistem pengadaan,” kata Tini.

    Baca Juga: Pemkot Banjar Siapkan Sanksi Tegas Bagi Pelaku Usaha

    Persatu hektar lahan garapan dibutuhkan 625 bibit pohon pisang. Jadi total bibit yang akan disediakan untuk mengisi 45 hektar lahan sebanyak 28.500 bibit.

    “Alhamdulillah program pengembangan kawasan pisang ini direspon juga oleh alokasi anggaran pusat (APBN),” kata Tini.

    Selama ini kata Tini, petani yang memiliki kebun tidak fokus pola bertanamnya. Satu kebun bisa terdapat banyak varietas pohon, sehingga tidak berdampak secara ekonomi.

    “Kami mencoba mengarahkan dan membina petani pada tanaman budidaya yang lebih produktif secara ekonomi,” kata Tini.

    Pisang ini sering disebut juga pisang ambon kuning. Pisang ini banyak digunakan sebagai bahan baku kripik pisang. Bahkan bisa juga dipasok untuk pisang konsumsi ke toko-toko modern.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img