spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Kadiskar PB Kota Bandung: Banjir Bandang Jatihandap Akibat Eksploitasi KBU

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengaku, telah memprediksi banjir bandang yang terjadi di Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, Selasa (20/03/2018). Ferdi meyakini, banjir tersebut terjadi dari gejala alam yang terjadi di kawasan hulu di Kawasan Bandung Utara (KBU).

    “Terjadinya banjir ini sudah saya prediksi beberapa waktu yang lalu, dan ini terjadi,” kata Ferdi, seperti dilansir PRFM, Rabu (21/03/2018).

    BACA JUGA:

    Bojan Hodak Beberkan Kondisi Nick Kuipers

    Dengan adanya eksploitasi tanpa henti di kawasan Bandung Utara, Ferdi berujar tak menutup kemungkinan jika banjir serupa bisa kembali terjadi. Hal ini pun dikuatkan dengan masih adanya potensi hujan yang terjadi di kawasan Bandung Raya.

    “Ini bukan menakuti, kalau kita melihat dari gejala alam, cuaca dan eksplorasi kawasan Bandung Utara yang sedemikian ekspansif ini menyimpan potensi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir yang lebih hebat kalau ini tidak dihentikan, dimana tebing bantaran curam saja dibangun, ini harus dihentikan,” tegasnya.

    Selain 4 kota/kabupetan yang memiliki wilayah di Kabupaten Bandung Utara harus bertanggung jawab atas eksplorasi KBU, Ferdi sangat mengaharapkan tindakan nyata dari Pemerintah Provonsi Jawa Barat.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img