spot_img
Senin 15 Juli 2024
spot_img
More

    Peduli UKM, BRI Luncurkan Rumah Kreatif BUMN

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat, untuk itu pengembangan sektor ini pun harus mendapatkan perhatian besar dari Pemerintah agar keberlangsungan UKM ini terus bergeliat di tengah gempuran dan persaingan ketat produk-produk ekspor pasar global.

    Menyadari hal itu BRI sebagai salah satu BUMN berusaha mengambil peran untuk meningkatkan peran UKM dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat. Wujud nyata kepedulian BRI kepada UKM adalah dengan meluncurkan program Rumah Kreatif BUMN.

    ”Rumah kreatif Tasikmalaya yang diresmikan Desember tahun lalu, menjadi tempat pelaku UKM untuk mendapatkan edukasi dengan melalui pelatihan dalam peningkatkan kualitas produk, standarisasi produksi, packaging,branding, sistem pengelolaan keuangan permodalan, akses pemasaran dengan sistem online dan pengelolaan e-commerse,” kata Pimpinan BRI Cabang Tasikmalaya Argogung M Putranta

    Lanjutnya, sejak diresmikan rumah kreatif Tasikmalaya di jalan Siliwangi No 51 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya yang diprakarsai BRI Cab. Tasikmalaya, sudah ratusan pelaku UKM yang telah menjadi mitra binaan RKM BRI”kita terus berkomitmen untuk memajukan usaha pelaku UMKM mitra binaan BUMN dengan pelatihan, BRI akan mengupayakan agar hasil-hasil produk UMKM binaan bisa dipasarkan secara global dengan mengintegrasikan digitalisasi dengan masuk situs Blanja.com agar pemasaran semankin luas,”tuturnya.

    Menurutnya, sedikitnya ada sekitar 900 UKM yang telah menjadi mitra binaan BRI Tasikmalaya sejak dibukanya program RKM Tasikmalaya setiap hari selalu ada pelatihan bagi pelaku UKM, lebih dari 200 kali dilaksanakan pelatihan, ini sejalan dengan langkah pemerintah untuk memperkuat sektor UMKM yang menjadi kekuatan dan penggerak perekonomian Bangsa.

    Dia menjelaskan, BRI terus mendorong pertumbuhan perekonomian bangsa salah satunya dengan membangun kemitraan para pelaku UKM di Tasikmalaya dalam mengembangkan produk-produk dan membantu sistem pemasaran dengan menghadirkan rumah kreatif Tasikmalaya dari program RKB, pembentukan RKB Tasikmalaya guna menfasilitasi para pelaku UKM yang ada di Kota/Kab.Tasikmalaya sebagai wadah serta pusat data dan informasi usaha untuk mengedukasi,pengembangan dan digitalisasi UKM.

    (Seda/dar)

    Berita Terbaru

    spot_img