spot_img
Jumat 23 Februari 2024
spot_img
More

    Misteri Rumah Tingkat Dusun Karangkamulyan Ciamis

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Dusun/Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeunjing Kabuaten Ciamis menyimpan cerita mistis tersendiri. Rumah tingkat dengan dua lantai, konon bisa membawa malapetaka. Warga Karangkamulyan, Iwan memaparkan, banyak tragedi yang terjadi ketika warga membangun rumah bertingkat. Mereka mendapatkan sial. Kesialan itu berupa perceraian, tabrakan, hingga usaha yang selalu rugi.

    Kata Iwan, pernah ada warga yang memaksa membangun rumah tingkat malah meninggal karena kecelakaan.

    Sebagai salah satu bukti ada sekitar empat rumah tingkat di Dusun Karangkamulyaan dibiarkan kosong dan ditinggalkan pemiliknya, karena dipercaya membawa sial.

    ” Kami sih percaya. Sebaiknya selama masih ada lahan perluasan bangunan rumah ke pinggir saja, tidak ditingkat. Masyarakat di Dusun Karangkamulyan percaya dengan larangan ini. Memang ini dialami sendiri dengan bukti-bukti yang nyata dirasa oleh warga. Setiap bangunan tingkat di sini tidak berpenghuni karena kerap terjadi hal-hal aneh maupun peristiwa yang tidak menguntungkan bagi si pemilik rumah,” kata Iwan, Selasa (6/3/2018).

    Cerita malapetaka yang terjadi di setiap penghuni rumah tingkat di Dusun Karangkamulyan ini terwariskan secara turun temurun dan diyakini betul warga setempat. Warga percaya pasti ada makna dibalik keanehan itu.

    ” Filosofinya agar masyarakat Karangkamulyan itu tidak sombong, tapi harus rendah hati. Karena kalau membangun rumah tingkat dikhawatirkan orang menjadi sombong,” ujar Abdul.

    (Riza M Irfansyah/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img