spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Dinas Kesehatan Tasikmalaya Terapkan Layanan Jemput Bola Langsung ke Keluarga

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota Tasikmalaya terus meningkatkan kapasitas layanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan layanan jemput bola langsung ke keluarga dengan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Dr. Cecep Zainal Kholis mengatakan, layanan jemput bola merupakan salah satu program untuk menjangkau pelayanan masyarakat sampai ke pelosok kampung.

    ”Beberapa program layanan kesehatan berbasis masyarakat antara lain Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK),”ujar Dr. Cecep dalam kegiatan sosialisasi Program PIS-PK tingkat Kota Tasikmalaya di Aula Balaikota Tasikmalaya, jalan Letnan Harun Kec.Bungursari Kota Tasikmalaya Kamis (08/02) yang diikuti para Camat, lurah dan pegawai Puskesmas se-Kota Tasikmalaya dan dibuka Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman.

    ”Secara teknis, kita jemput bola, mengunjungi keluarga yang ada di wilayah, memberikan layanan kesehatan kepada mereka, karena diketahui sejauh ini masih banyak masyarakat kita yang belum tau harus kemana mendapatkan pelayanan kesehatan baik saat sakit maupun hanya untuk kontrol kesehatan,” ungkap Cecep.

    Dia menjelaskan, kurangnya fasilitas pelayanan kesehatan dan sulitnya masyarakat untuk menjangkau pusat pelayanan karena lokasi dan tempat yang sangat jauh menjadi kendala.

    ”PIS-PK menjadi terobosan baru. Petugas kesehatan langsung terjun ke rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan keluarga, ” katanya.

    Dalam melakukan pendataan kesehatan pada keluarga harus sesuai dengan prosedur kesehatan. Diharapkan PIS-PK dapat mewujudkan pola hidup sehat, jaminan kesehatan, penguatan layanan kesehatan yang akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Tasikmalaya.

    Sementara itu, Walikota Budi Budiman mendukung PIS-PK yang lasngung menyisir mendatangi rumah-rumah warga. “Ini sangat tepat karena petugas kesehatan bersama pemerintah setempat secara aktif mendata dan memeriksa kondisi kesehatan di dalam keluarga, ini lebih tersentuh dan masyarakat, ” kata Budi Budiman.

    Budi Budiman berharap para camat, lurah dan petugas kesehatan di Puskesmas harus bersinergi untuk menyukseskan PIS-PK guna membantu masyarakat untuk mencapai kualitas dan derajat kesehatan yang lebih baik.

    (Seda/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img