BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pameran pelang usaha terbesar di Indonesia, Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2025 digelar di Kota Bandung.
Pameran bertajuk ‘Energizing Enterpreneurship’ ini digelar sejak Jumat 18 Juli hingga Minggu 20 Juli 2025 di Graha Manggala Siliwangi.
Pameran edisi 173 sejak 2006 ini pun , menargetkan transaksi spektakuler hingga Rp500 miliar selama tiga hari. Acara yang digelar Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama Neo Expo Promosindo kali ini menghadirkan 96 merek dari berbagai sektor.
“Bandung menjadi kota kunci dalam rangkaian roadshow kami. Antusiasme masyarakat sangat tinggi, bahkan hotline dan pemesanan tiket melonjak drastis. Kami optimistis target transaksi Rp500 milyar bisa tercapai,”kata Fredy Ferdianto, Public Relations PT Neo Expo Promosindo, Jumat (18/7/2025).

Terlebih pihaknya menargetkan mampu menarik lebih dari 6 ribu pengunjung untuk selanjutnya ditawarkan pilihan bisnis. Pengunjung diberikan penawaran, seperti waralaba, kemitraan, agen, hingga peluang investasi lainnya.
“Banyak di antaranya dilengkapi dengan promo khusus selama pameran berlangsung,” kata dia.
BACA JUGA: bank bjb Raih Penghargaan Infobank Atas Transformasi Bisnisnya
Fredy menyebut akan ada ratusan peluang usaha ditawarkan di pameran ini. Sehingga IFBC 2025 menjadi ajang strategis bagi berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, pensiunan, hingga ibu rumah tangga, yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya.
“Inilah ‘pasar inspirasi’ untuk wirausaha masa depan,”kata Fredy.
Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Indomaret, yang membawa lini bisnis seperti Indogrosir, TMI, dan Warung Modern. Mereka memberikan diskon investasi besar-besaran dari Rp36 juta menjadi hanya Rp18 juta khusus bagi calon mitra yang mendaftar langsung di lokasi.
Manajer Promosi and growth Indomarco Margaret menyebut ada promo tertentu selama pameran. Sehingga calon mitra yang mendaftar di lokasi mendapat diskon investasi yang fantastis
“Saat ini Indomart memiliki 23 ribu gerai di seluruh Indonesia dan ditargetkan menambah 500 gerai,” kata Margaret.
Edukasi Memilih Peluang
Sementara itu, Ketua AFI Anang Sukandar menekankan pentingnya edukasi dalam memilih peluang waralaba. Meski sistem franchise sudah lama dikenal di Indonesia, masih banyak pelaku usaha yang kurang memahami prinsip dasarnya.
“Jangan asal pilih bisnis. Efisiensi, efektivitas, dan standarisasi sangat penting. Negara-negara seperti Korea dan Malaysia justru lebih agresif mengembangkan sistem ini dibanding kita,” kata Anang.
Dia juga menyoroti pentingnya inovasi berkelanjutan agar bisnis mampu bertahan dalam jangka panjang. Inovasi menurutnya bukan hanya soal produk, tapi juga mencakup tampilan, kemasan, hingga layanan pelanggan.
“Pelaku usaha harus terus berinovasi. Tanpa itu, bisnis bisa runtuh kapan saja,” kata dia.
Berikut Sektor Usaha di IFBC 2025 Bandung:
- Retail & Minimarket: Alfamart, Indomaret, Indogrosir, TMI
- Kuliner Kekinian: Kopi dari Hati, Joomba, Misnow, Mo Juice, Es Teler Kapten
- Makanan Lokal & Modern: Nasi Goreng Lidah Mertua, Si Kriuk, Kanemura, Burger Bangor, Warteg Bahari, Tahu Run, Kentang Pasta.
- Laundry & Otomotif: Maytag, Netto Laundromat, Vivo Carwash, Autoone
- Kesehatan & Kecantikan: Dawa Herbal, Skinpedia, Barberpedia, Luvenza
- Pendidikan & Kreatif: Ohxem Edu, Sarosa Consulting, Unpar Inkubator Bisnis:
- Lifestyle & Digital: Vapesmart, Curves, Shoessmart, Verona Appliances
(LIN)