Senin 9 Desember 2024

Jadi Pahlawan Ekonomi, Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung UMKM Lokal Dengan Fitur Live Streaming

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tokopedia dan ShopTokopedia ikut merayakan Hari Pahlawan 2024 dengan terus berupaya memberi panggung bagi UMKM lokal sebagai pahlawan ekonomi yang turut berkontribusi memberdayakan masyarakat sekitar.

Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya dengan menghadirkan berbagai kampanye dan fitur, termasuk melalui live streaming, yang tersedia pada platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok.

Upaya ini dilakukan demi mendorong UMKM lokal dapat berjaya di negeri sendiri hingga mampu berkontribusi terhadap perekonomian nasional lewat pemanfaatan teknologi.

Head Of Communication Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan mengatakan, peringatan Hari Pahlawan 2024 yang bertema ‘Teladani Pahlawanmu Cintai Negerimu’ menginspirasi Tokopedia dan ShopTokopedia untuk terus membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia dari berbagai skala bisnis untuk dapat menjangkau pasar lebih luas.

Selain itu, makin menjadi pilihan masyarakat, seperti Nifty Twice (Bandung, Jawa Barat), Sulawesi Central (Makassar, Sulawesi Selatan) dan Emak CW (Pekanbaru, Riau).

“Bagi Tokopedia dan ShopTokopedia, ketiga UMKM tersebut adalah beberapa contoh dari jutaan penjual, sekaligus pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara, dengan memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah mereka dalam menjalankan usahanya,” kata Aditia.

Baca Juga: Sambut Hari Kopi Sedunia 2024, Tokopedia Dorong UMKM Kopi Jangkau Pasar Lebih Luas

Mengusung brand lokal, Promo Guncang yakni kampanye khusus setiap tanggal kembar, Tokopedia NYAM! untuk mendukung penjual makanan dan minuman, dan Selalu Jadi Syantik yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh melalui ShopTokopedia. Fitur live streaming Tokopedia dan ShopTokopedia permudah pelaku usaha tingkatkan penjualan lewat pemasaran digital.

Menurut riset ‘Indonesia E-commerce Trends 2023’ yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023, sebanyak 87 persen responden mengaku pernah menonton live streaming dan 77 persen dari responden melakukan transaksi via fitur live streaming.

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, maka semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, sekaligus menjadi pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara,” ujarnya.

Melihat data pemerintah yang mencatat bahwa UMKM berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap PDB Indonesia, UMKM bisa disebut sebagai pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara.

Untuk mendorong pertumbuhan bisnis bagi pelaku usaha lokal di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan serta webinar seputar live shopping yang dapat ditemukan secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.

Agar setiap pelaku usaha berhasil memberi pengalaman belanja yang lebih interaktif, serta meningkatkan transaksi melalui fitur live streaming, penjual harus memastikan bahwa akun TikTok yang dimiliki telah menjadi Akun Resmi Toko (ShopTokopedia) tanpa syarat jumlah pengikut minimum.

“Selain dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menghibur bagi pelanggan lewat ShopTokopedia, fitur live streaming dapat dimanfaatkan menjadi salah satu strategi pemasaran oleh penjual dari berbagai kategori, mulai dari kecantikan, fashion, olahraga, makanan dan minuman, elektronik dan masih banyak lagi,”Jelasnya.

Aditia menyebut, melihat semangat para pelaku usaha hingga UMKM Indonesia, serta pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia yang turut berkontribusi pada pemanfaatan teknologi, berkat berbagai kolaborasi yang dilakukan, Tokopedia dan ShopTokopedia telah menghasilkan berbagai dampak positif. Saat ini, ada jutaan penjual tergabung di dalam platform Tokopedia dan ShopTokopedia.

Hal ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.

Aditia menambahkan terjadinya pertumbuhan jumlah penjual dan transaksi belanja online, turut didukung pula oleh fitur live streaming di ShopTokopedia.

Bahkan, pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping.

“Selama kuartal III 2024, lima kategori terlaris saat live streaming, yaitu Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen Perempuan, Muslim Fashion, Fesyen Pria, serta HP dan Elektronik,”jelasnya.

Baca Juga: Inisiatif Hyperlocal Tokopedia, Dorong Pertumbuhan UMKM di Kota Bandung

Menurut data internal Tokopedia selama kuartal III 2024 dibandingkan dengan kuartal III 2023, Sumatra Selatan, Jambi, Lampung, Jawa Tengah dan Banten, menjadi lima daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah pelaku usaha, dengan kenaikan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat.

“Kami juga memiliki temuan menarik, menurut data internal ShopTokopedia, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Maluku dan Papua menjadi lima daerah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi sepanjang kuartal III 2024 dibandingkan kuartal III 2023,”pungkasnya.

Lima kategori produk menjadi yang paling populer di Tokopedia di berbagai pulau di Indonesia selama kuartal III 2024, yakni:

Jawa: Makanan dan Minuman, Kesehatan, Pertukangan, Perawatan Tubuh dan Rumah Tangga.

Sumatra: Makanan dan Minuman, Kesehatan, Pertukangan, Otomotif, serta Handphone dan Tablet.

Kalimantan: Fashion, Otomotif, Pertukangan, Kesehatan, dan Handphone dan Tablet.
Sulawesi: Makanan dan Minuman, Kesehatan, Pertukangan, Otomotif, dan Komputer dan Laptop.

Bali: Rumah Tangga, Pertukangan, Kesehatan, Makanan dan Minuman serta Otomotif.

Papua: Fashion, Handphone dan Tablet, Olahraga, Pertukangan dan Otomotif.

Jawa: Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen Perempuan, Fesyen Muslim, Makanan dan Minuman dan Fesyen Pria.

Sumatra: Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Fesyen Perempuan, Aksesori Fesyen, dan Kesehatan.

Kalimantan: Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Fesyen Perempuan, Aksesori Fesyen, dan Perlengkapan Bayi dan Ibu Hamil.

Sulawesi: Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Perlengkapan Rumah Tangga, Aksesori Fesyen, dan Fesyen Muslim.

Bali: Fesyen Perempuan, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Aksesori Fesyen, Fesyen Pria dan Fesyen Muslim.

Papua: Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Kesehatan, Tas dan Koper, HP dan Elektronik, Olahraga dan Kegiatan Luar (Outdoor).

(Yusuf Mugni)

Berita Terbaru

spot_img