spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Anggota Pramuka Ciamis Dituntut Bermanfaat Untuk Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Anggota Pramuka di Ciamis dituntut eksis dan bermanfaat dengan memberikan pendidikan kepada masyarakat.

    Ketua Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis Nanang Permana mengatakan, menghadapi masyarakat di era saat ini Pramuka harus mandiri dan handal

    Nanang menuturkan, karena Pramuka harus bermanfaat bagi masyarakat maka Pramuka dewasanya harus memberikan pendidikan agar anggota Pramuka bisa handal dimasa depan.

    BACA JUGA: Covid-19, Dandim 0613 Ciamis Datangi Pemdes

    “Untuk pramuka dewasa harus bisa mendorong agar peserta didiknya menjadi manusia yang  mandiri dan handal dalam menghadapi tantangan masa depan,” kata dia Di sela-sela Rakercab gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis. Sabtu (13/2/2021)

    Nanang mengatakan, kegiatan Pramuka yang bisa bermanfaat bagi masyarakat  yaitu bagaimana mereka bisa berperan aktif ditengah masyarakat dengan mengaplikasikan kegiatan kepramukaan dimasyarakat.

    “Menanam padi atau menjaga kelestarian lingkungan salah satu kegiatan dari pramuka yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata dia.

    Sementara itu Ketua Divisi usaha Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis Heri Rafni Kotari menjelaskan, untuk menjadikan anggota Pramuka mandiri saat ini pihak Kwarcab Ciamis sedang melaksanakan pelatihan manajerial usaha.

    “Yang saat ini sedang kami lakukan pelatihan terhadap anggota Pramuka salah satunya bagaimana cara pengelolaan manajerial Caffe Kopi,” katanya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img