spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Obati Pasien Covid-19, PMI Kota Bandung Layani Donor Plasma Konvalesen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bandung Uke Muktimanah mengatakan, terapi plasma convalescent atau plasma konvalesen menjadi metode terapi alternatif bagi pasien Covid-19.

    Plasma konvalesen tersebut, kata dia, didapat dari pendonor positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh atau donor penyintas. Namun pendonor harus memenuhi syarat dan protokol yang telah ditetapkan.

    Menurutnya, PMI Kota Bandung menjadi salah satu PMI yang telah memenuhi sertifikasi cara pembuatan obat yang baik dari BPOM. Hal itu sebagai salah satu syarat untuk memproduksi plasma konvalesen.

    “Terapi plasma konvalesen adalah salah satu alternatif untuk pasien Covid-19 yang bergejala sedang dan berat, dengan memberikan transfusi plasma konvalesen. Permintaanya cukup meningkat sekarang,” kata Uke di Kota Bandung Jabar Selasa (19/1/2021).

    BACA JUGA: Vaksinasi Tahap Pertama di Kota Bandung 44 Nakes Tidak Hadir

    Meski begitu, Uke menyampaikan, ada syarat untuk para pendonor plasma konvalesen tersebut.  Salah satunya harus sudah negatif dengan swab test polymerase chain reaction (PCR) dan menjalani beberapa tahapan tes atau pemeriksaan.

    “Berusia antara 18 – 60 tahun, berat badan di atas 50 kg, dan penyintas tersebut juga harus sudah negatif PCR-nya. Dan waktu mendonorkannya 14 hari setelah sembuh sampai dengan 12 minggu. Karena tujuan pemberiannya agar donor yang berkualitas dan meningkatkan imun pada pasien.” katanya.

    Uke mengungkapkan, kebanyakan dari para pendonor plasma konvalesen, juga telah ada peruntukannya. Salah satunya seperti didapat dari donor kepada keluarga penyintas tersebut.

    “Hari ini saja sudah terseleksi ada delapan sampai 10 untuk donor plasma konvalesen, Kebanyakan sudah dibooking, jadi donor untuk keluarga. Jadi dari pasien yang keluarganya terkena, donor dari penyintas ini sudah ada peruntukannya,” kata dia.

    Pihaknya berharap, para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh bisa mendonorkan plasma konvalesen tersebut ke PMI untuk membantu pasien Covid-19.

    “Tidak usah khawatir, atau takut, datanglah ke PMI untuk melakukan donor plasma konvalesen. Itu bisa membantu bagi pasien yang membutuhkan dengan persyaratan membawa surat pengantar dari RS,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img