spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Impor dari China Disetop, Harga Bawang Putih di Bandung Meroket

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Harga bawang putih di kota Bandung dan sekitarnya berangsur naik pasca polemik penyebaran virus corona. Saat ini, harga bawang berada di kisaran Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per kilogram.

    Di pasar Cicadas, harga bawang putih merangkak naik mencapai Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per kilogram. Sebelumnya harga bawang berada di kisaran harga antara Rp30 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram.

    Salah satu pedagang pasar Cicadas, Ujang (26) mengatakan kenaikan harga bawang putih sudah berlangsung sejak seminggu lalu. Dirinya menduga, kenaikan harga bawang putih disebabkan pemberhentian impor China.

    “Tak ada kiriman bawang lagi, mungkin karena impornya disetop. Sebelumnya, saya jual dengan harga Rp40 ribu per kilogram tapi sekarang jadi Rp60 ribu per kilo,” kata Ujang kepada FOKUSJabar, Kamis (6/2/2020).

    Sementara salah satu konsumen Sarah (36) mengeluh dengan dengan kenaikan harga bawang. Namun ia menerima kenyataan naiknya harga setelah mendapatkan informasi terkait penyebaran virus corona di China.

    “Awalnya sih kaget ya, namun untuk antisipasi virus yang mematikan itu ya kami maklum. Toh jika tidak disetop mungkin bisa terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkap Sarah.

    Seperti yang telah diketahui, bawang putih di Indonesia mayoritas diimpor dari negara tirai bambu. Pemerintah pun menghentikan impor bahan pangan dari China guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

    (Candra/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img