Kamis 12 Desember 2024

Perkokoh Fondasi Bisnis, XL Perkuat Jaringan di Luar Jawa

BANDUNG, FOKUSJabar.id: PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan data berkualitas sebagai langkah strategis untuk memperkokoh fondasi bisnis di masa depan. Tidak hanya di Pulau Jawa, namun juga di luar Jawa.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, infrastruktur jaringan data yang kuat di luar Jawa akan mampu meningkatkan kualitas layanan sekaligus menopang perusahaan dalam memperbesar pangsa pasar. XL Axiata pun akan terus memaksimalkan manfaat produk layanan data melalui penerapan strategi dual brand.

“Kami terus menjalankan Strategi 3R dengan terus melakukan pengembangan dan perluasan infrastruktur jaringan khususnya di luar Jawa serta melanjutkan strategi dual brand yang terbukti telah mampu memberikan hasil yang sangat bagus bagi XL Axiata dalam 3 tahun terakhir. Hingga saat ini kami on track, berada di jalur yang kami rencanakan dan terbukti mampu membuahkan kinerja yang diharapkan. Kami yakin, trend pertumbuhan yang kami raih sepanjang 1H 2019 lalu akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2019 nanti,” ujar Dian.

Dian menambahkan, hingga memasuki semester kedua 2019, 60 persen capex tahun ini telah terserap. Sebagian besar diantaranya untuk melanjutkan perluasan jaringan data di area luar Jawa yang mengalami peningkatan trafik data secara signifikan. Fokus pada perluasan jangkauan di luar Jawa ini telah memberikan hasil yang sepadan, trafik dari luar Jawa telah meningkat pesat dan mendorong pertumbuhan pendapatan.

Sepanjang semester 1 2019, XL Axiata telah menyelesaikan 90 persen dari target rollout jaringan dengan sekitar 19.000 BTS baru yang sebagian besar berada di luar Jawa. Kini layanan 4G tersedia di sekitar 292 kota/kabupaten di luar Jawa dengan lebih dari 14.000 BTS 4G di luar Jawa, dari total 408 kota/kabupaten seluruh wilayah di Indonesia yang ditopang lebih dari 37.000 BTS 4G.

“XL Axiata pun berharap hingga akhir 2019 akan mampu memberikan layanan 4G ke total sekitar 440 kota/kabupaten dan jumlah total jumlah  BTS mencapai lebih dari 135.000 unit. Dengan demikian, layanan XL Axiata akan mencapai sekitar 95% dari populasi Indonesia,” terangnya.

Selain itu, XL Axiata pun gencar melaksanakan fiberisasi jaringan baik di Jawa maupun luar Jawa. Fiberisasi akan mampu meningkatkan kapasitas jaringan transport hingga lebih dari 5x lipat dibandingkan transport bukan fiber.

Berdasarkan trend kenaikan trafik data XL Axiata dalam dua tahun terakhir, kenaikan di Jawa sudah lebih dari lima kali lipat dan di wilayah luar Jawa rata-rata tiga kali lipat. Peningkatan kapasitas melalui fiberisasi pun menjadi kebutuhan guna menjaga kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data dan internet.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah mencapai sekitar 30 persen dari total jaringan dan mencakup semua ibu kota provinsi serta kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok. Kota atau area-area tersebut dinilai sudah memerlukan jaringan fiber karena mengalami pertumbuhan data yang signifikan.

“Target XL Axiata, hingga akhir tahun 2019 nanti 50 persen BTS akan terhubung dengan jaringan fiber dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 70 persen pada akhir 2020,” tambahnya.

Untuk memperkuat infrastruktur di luar Jawa, lanjutnya, XL Axiata akan memanfaatkan program Universal Service Obligation (USO). XL Axiata telah memenangkan tender pembangunan jaringan USO di 250 titik yang berada di 51 kabupaten yang sebagian besar ada di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia termasuk Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Realisasi pembangunan akan dilaksanakan di tahun ini hingga tahun depan, berupa jaringan 4G dan akan memanfaatkan keberadaaan backbone fiber optik Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur untuk perluasan jaringan ke luar Jawa.

Seiring dengan pembangunan infrastruktur data, XL Axiata terus memaksimalkan nilai manfaat dari produk layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Dalam hal ini XL Axiata mengoptimalkan strategi dual brand yang sebelumnya juga sudah teruji.

Saat ini XL Axiata memiliki dua brand untuk layanan prabayar, yaitu XL untuk segmen pelanggan kalangan blue collar dan AXIS untuk segmen muda. Pada layanan pascabayar, XL Axiata memiliki merek XL Prioritas yang membidik segmen pelanggan yang mapan secara ekonomi.

Optimalisasi ini ditujukan untuk meningkatkan jangkauan pasar. Untuk itu, XL Axiata juga akan memperkuat jalur distribusi di area-area baru sesuai dengan perluasan jaringan yang dilaksanakan. Selain itu, XL Axiata juga memanfaatkan data analytic guna mendorong monetisasi dan retensi dari setiap pelanggan dengan kebutuhan yang beragam.

XL Axiata mencatatkan pencapaian kinerja yang kuat di semester 1 2019, dengan pendapatan tumbuh sebesar 11 persen YoY yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen YoY. Sementara itu, pendapatan dari layanan data tumbuh 29 persen YoY, meningkat kontribusinya menjadi 87 persen terhadap total pendapatan layanan di periode semester 1 2019 ini.

“Kinerja yang menggembirakan ini ditopang oleh meningkatnya efisiensi biaya yang mendorong EBITDA meningkat 19 persen YoY dan EBITDA margin juga tumbuh 3 persen YoY. Pada periode semester 1 2019 ini, XL Axiata juga berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 282 miliar,” pungkasnya.

(ageng)

Berita Terbaru

spot_img