spot_img
Kamis 4 Juli 2024
spot_img
More

    Raih Juara Umum Jateng Open 2024, PASI Jabar Optimis Menuju PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim atletik Jawa Barat berhasil meraih gelar juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Jateng Open 2024 di lintasan atletik Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah. Pada event yang digelar selama empat hari, 26-29 Juni 2024, Jabar mengumpulkan total 17 keping medali.Tim atletik Jabar berhasil mengoleksi 6 medali emas, 4 perak dan 7 perunggu. Mengalahkan tim tuan rumah Jateng yang meraih 12 keping medali dengan rincian 5 medali emas, 5 perak, dan 2 perunggu.
    fokusjabar.id Jateng Open Atletik
    Eki Febri Ekawati memastikan medali emas dari nomot tolak peluru putri pada Kejurnas Atletik Jateng Open 2024. (FOTO: Ageng)
    Sementara peringkat ketiga ditempati DKI Jakarta yang mengumpulkan total 9 keping medali dengan rincian 4 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Diikuti tim atletik POR BIN di posisi empat dengan raihan 4 medali emas dan 2 perunggu, serta Sumatera Utara dengan raihan 3 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu di peringkat kelima.Enam medali emas yang diraih tim Atletik Jabar pada gelaran Kejurnas Atletik Jateng Open 2024, disumbangkan oleh Dede Heti di nomor 400 meter lari gawang putri. Lalu Suwandi Wijaya di nomor lompat jauh putra, Fahri Suryansyah di nomor lontar martil putra, Eki Febri Ekawati di nomor tolak peluru putri, Tresna Puspita di nomor lontar martil putri, serta di nomor estafet 4×100 meter putra.
    fokusjabar.id Jateng Open Atletik
    Atlet Jabar, Fabio Alesandro (136) menyerahkan tongkat estafet pada pertandingan nomor 4×100 meter putra Kejurnas Atletik Jateng Open 2024. (FOTO: Ageng)
    Sementara untuk 4 medali perak disumbangkan Muhammad Haryanto di nomor tolak peluru putra, Anjarsari Dewi di nomor 3000 meter halang rintang putri, Natasya Mahdalita di nomor lontar martil putri, serta estafet 4×400 meter putra. Dan 7 medali perunggu disumbangkan Tofik Hidayat (100 meter putra), Stevanus Benaya (tolak peluru putra), Vera Febriyanti (3000 meter halang rintang putri), Destyana Adinda (lompat jauh putri), Lusia Felia R (lempar lembing putri), Winda Ayuningsih (10.000 meter jalan cepat putri), dan estafet 4×400 mix.Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jabar, Aan Johana mengaku cukup puas dengan performa para atlet di ajang kejurnas Jateng Open 2024. Catatan prestasi yang diraih atlet di ajang tersebut menunjukkan peningkatan performa mereka pasca menjalani pemusatan latihan pelatda PON XXI.“Sebelumnya, kita menjalani try out di Thailand Open dan di ajang Jateng Open ini ada peningkatan catatan prestasi dari para atlet. Ini menunjukkan latihan selama di pelatda PON XXI yang dijalani atlet bersama para pelatih berjalan baik,” kata Aan saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (1/7/2024).
    fokusjabar.id Jateng Open Atletik
    Quartet pelari 4×100 meter putra Jabar memastikan medali emas pada Kejurnas Atletik Jateng Open 2024. (FOTO: Ageng)
    Raihan prestasi yang dicapai tim atletik Jabar di ajang kejurnas Jateng Open 2024, lanjut dia, diluar catatan prestasi atlet Jabar yang membela klub dan pengcab PASI kota/kabupaten masing-masing. Diantaranya Hendro yang membela Asics Running Club, Arjun dan Fabio yang membela Pengcab PASI Kota Bekasi, serta Halomoan Simanjuntak, Tyas Murtiningsih, Erna Nuryanti, dan Raden Roselin Fikanan yang membela klub atletik POR BIN.“Atlet-atlet Jabar yang membela pengcab dan klub mereka masing-masing mampu mencetak prestasi yang sangat baik, bahkan meraih medali emas. Jadi kalau diakumulasi dengan pencapaian mereka, raihan medali emas Jabar itu lebih dari enam medali emas,” Aan menerangkan.Gelaran kejurnas Jateng Open 2024, kata Aan, menjadi ajang uji coba bagi persiapan atlet sebelum penentuan tim inti atletik Jabar untuk PON XXI. Meski demikian, beberapa atlet andalan yang ditargetkan meraih medali emas di beberapa nomor tidak ikut serta karena mengikuti event kejuaraan lain.“Dengan catatan prestasi yang diraih atlet di Thailand Open serta Jateng Open kemarin, kita cukup optimis untuk mencapai target yang sudah ditetapkan di PON XXI nanti. Kami optimis bisa mengulang sukses prestasi yang sebelumnya kita capai di Papua untuk mendukung target Jabar Hattrick di PON XXI,” Aan menegaskan.(Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img