spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Transformasi Alun-alun Ciamis, Langkah Menuju Kota Modern

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten Ciamis terus menunjukkan komitmennya dalam mempercantik dan memodernisasi tata ruang kota, terutama di sekitar Alun-alun Ciamis.

    Upaya ini terlihat jelas dari penataan trotoar dan fasilitas jalan yang lebih rapi dan modern, sebagaimana yang tampak dalam foto terbaru yang diambil di sekitar lokasi tersebut.

    Dalam gambar yang diabadikan pada, Senin (24/6/2024) oleh fokusjabar.id, terlihat jelas trotoar yang kini lebih lebar dan nyaman untuk pejalan kaki. Trotoar ini dilengkapi dengan jalur pemandu untuk tuna netra, memastikan inklusivitas bagi seluruh lapisan masyarakat. Lampu jalan modern yang terpasang juga menambah keindahan serta keamanan bagi pejalan kaki pada malam hari.

    BACA JUGA: Ini Alasan Band Papan Atas Ogah Konser di Ciamis

    Pemerintah setempat juga melakukan penataan ulang pada median jalan dengan memberikan sentuhan warna-warna cerah seperti ungu dan hijau. Hal ini tidak hanya menambah estetika kota, tetapi juga berfungsi sebagai penanda yang memudahkan pengendara untuk melihat batas jalan dengan lebih jelas.

    Pemerintah Daerah Ciamis menyebut langkah ini merupakan bagian dari program revitalisasi kota yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Ciamis. 

    Para warga dan pengunjung Alun-alun Ciamis juga merasakan manfaat langsung dari perubahan in.

    “Sekarang berjalan di sekitar Alun-alun lebih nyaman dan aman, terutama dengan lampu-lampu yang terang di malam hari,” kata Nanang masyarakat setempat. 

    BACA JUGA: Disdik Ciamis Kaget Ada Siswi SMP yang Melahirkan Setelah Kelulusan

    Revitalisasi Alun-alun Ciamis dan sekitarnya diharapkan akan terus berlanjut dengan penambahan berbagai fasilitas umum lainnya, seperti tempat duduk, taman bermain anak, dan area hijau yang lebih luas. Pemerintah juga mengajak partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan area ini demi kebaikan bersama.

    Dengan penataan ini, Alun-alun Ciamis tidak hanya menjadi pusat kegiatan masyarakat, tetapi juga ikon kebanggaan kota yang dapat dinikmati oleh semua orang.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img