spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Kepala PKM Mangkubumi: Berkurban Tumbuhkan Solidaritas Sosial

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Merayakan Hari Raya Kurban 1445 hijriah/2024, Keluarga besar UPTD PKM Mangkubumi Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) menyembelih hewan kurban.

    Penyembelihan dilakukan di area Halaman Kantor PKM, Jalan Cigantang Kecamatan Mangkubumi, Selasa (18/6/2024).

    Daging sapi tersebut dibagikan ke warga sekitar. Termasuk pegawai PKM Mangkubumi.

    Kepala PKM Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Arif Prianto mengatakan, kurban hari raya idul Adha merupakan perintah Allah SWT yang harus dilaksanakan.

    “Alhamdulilah, idul adha tahun ini Kami kembali melaksanakan kurban. Ini wujud syukur dan ketaatan hamba kepada Allah SWT,” kata Arif Prianto.

    Ia menjelaskan, idul adha momentum untuk menebarkan nilai-nilai kebaikan sekaligus meningkatkan nilai-nilai kepedulian terhadap sesama.

    BACA JUGA:

    Saat Mau Disembelih, Sapi Kurban Ngamuk di Pangandaran

    “Nilai dari berkurban, menumbuhkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan dan keikhlasan serta ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah Allah agar kita menjadi hamba yang selalu bertaqwa kepada-Nya,” kata Dia.

    Menurutnya, berkurban di Idul Adha tidak sebatas menyembelih hewan. Tapi terdapat pelajaran moral dan nilai-nilai spiritual yang harus diamalkan dan dipahami seorang hamba Allah SWT.

    “Berkurban itu memiliki dua dimensi spiritual. Yakni ibadah dan Muamalah yang mengajarkan umat muslim bersyukur atas nikmat sekaligus mendekatkan diri kepada Allah SWT,” terangnya.

    Arif Prianto menambahkan, berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat istimewa dan dicintai Allah SWT. Karena memiliki hikmah dan makna sosial, kemanusiaan dan spritual keagamaan dalam ajaran agama Islam.

    BACA JUGA:

    Tim Kesehatan DKP3 Kota Banjar Temukan Kasus Cacing

    “Pelaksanaan kurban menjadi contoh kongkrit dalam bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Sebagaimana dikisahkan Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan putra kesayangannya (Ismail AS) demi menjalankan ketaatan perintah Allah SWT,” imbuhnya.

    Arif Prianto yang juga Pimpinan Smart Umroh itu mengungkapkan, melalui kurban ini ada pengenalan nilai-nilai kemanusiaan agar umat muslim memperdalam empati bagi sesama.

    “Daging hewan kurban bagikan ke masyarakat sekitar untuk dinikmati dalam pemenuhan gizi,” terangnya.

    “Pembagian daging kurban ini ke mereka yang membutuhkan. Mengilhami sikap sosial dan kepedulian dalam menguatkan solidaritas sosial kemanusiaan kepada sesama,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img