spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Tim Kesehatan DKP3 Kota Banjar Temukan Kasus Cacing

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Petugas kesehatan hewan kurban Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan perikan (DKP3) Kota Banjar menemukan sejumlah kasus cacing hati (fasciolosis) pada beberapa ekor sapi di wilayahnya.

    “Berdasarkan hasil pemeriksaan, ada dua hewan kurban sapi yang mengandung cacing hati,” kata Kepala Bidang Peternakan DKP3 Kota Banjar, Yadi Mulyadi, Senin (17/6/2024).

    BACA JUGA: Maling di Pasar Kota Banjar Babak Belur Dihajar Massa

    Hewan kurban yang terdapat cacing hati itu disembelih di wilayah DKM Al-Iklas Parungsari dan DKM At-Taubah, Kelurahan Bojongkantong, Kota Banjar.

    Dalam menyikapi hal tersebut, petugas menyarankan panitia kurban untuk memisahkan organ hati hewan kurban agar tidak tercampur denn daging kurban yang akan dibagikan ke warga.

    Menurut Yadi, meski terdapat cacing hati, hewan kurban itu tetap aman untuk dikonsumsi. Namun bagian organ hati harus dipisahkan untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

    BACA JUGA: Ratusan Umat Muslim Di Kota Banjar Salat Idul Adha Lebih Awal

    “Jadikan cacing hati itu menempel pada organ hati sapi. Tinggal disayat lalu dipisahkan,” ujarnya.

    “Setelah dipisahkan, daging kurban bisa dibagikan ke masyarakat dan aman untuk dikunsumsi,” sambungnya.

    Yadi mengatakan, dalam kasus ini petugas telah mengambil sampel pemeriksaan sebanyak 313 ekor hewan kurban sapi, domba dan kambing.

    “Penemuan kasus inibditemukan dari 313 ekor hewan kurban yang dijadikan sample pemeriksaan. Tapi ini belum selesai, kami masih menunggu data yang amsih di proses,” pungkasnya.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img