spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Tinjau RPH Ciroyom Bandung, Mendag Minta Masyarakat Sembelih Hewan Qurban di RPH

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta masyarakat khususnya warga kota Bandung agar penyembelihan hewan qurban dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH). Hal itu untuk menjamin kebersihan dan higienis.

    “Kita mengimbau masyarakat yang ingin berqurban, silahkan bawa rumah potong hewan yang ada di Bandung. Dijamin bagus, bersih. Karena memang tidak boleh lagi motong hewan sembarangan, kalau dulu kan di rumah, di masjid. Ini tidak boleh lagi sekarang, agar bersih, higienis,”kata Zulhas usai meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom Kota Bandung Jabar Sabtu (15/6/2024).

    Menurutnya, hewan qurban yang dipotong di RPH akan di cek kesehatan sebelum dan sesudah disembelih atau antemortem dan postmortem.

    “Ada pengecekan antemortem dan postmortem. Jadi untuk melindungi masyarakat juga. Kalau di sini (RPH) sudah dijamin,”katanya.

    Lebih lanjut Zulhas menyampaikan, pengecekan kesehatan hewan qurban ini bertujuan untuk memastikan kelayakan daging qurban yang dibagikan kepada masyarakat. Sehingga, nantinya daging kurban aman.

    “Kalau dipotong akan dibagi dagingnya, sehat atau tidak. Niat kita bagus, tapi kalau kita tidak memahami secara utuh kan jadi nanti dapatnya enggak bagus. Kalau di sini ada antemortem postmortem jaminan aman,”ungkapnya.

    Zulhas menambahkan, penyembelihan hewan qurban selain di RPH dapat menimbulkan bau tidak sedap dan tidak ada pengecekan kesehatan terlebih dahulu

    “Selain nanti menimbulkan, tidak sedap, bisa juga menimbulkan hal-hal yang lain. Dan juga hewannya itu harus mendapat pemeriksaan, sehat atau tidak, karena ada kuku, macam-macam,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img