spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Pj Bupati Garut Dorong Kades Optimalkan PADes

    GARUT,FOKUSJabar.id: Pj Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Barnas Adjidin dorong Kepala Desa (Kades) untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

    Bagaimana tidak, PADes merupakan kunci kemandirian sebuah Pemerintahan Desa.

    Hal itu disampaikan Pj Bupati Garut dalam acara Semiloka Kerja Sama Desa dan Kawasan Perdesaan di Gedung Pendopo.

    Acara terebut bertajuk “Digital Farming Kerja Sama Desa dan Kawasan Perdesaan sebagai Transformasi Digital Ekosistem Pemerintahan Desa dalam rangka PADes dan Pengembangan BUMDes.

    BACA JUGA:

    Dishub Garut Ajak Masyarakat Patuhi Aturan Parkir

    “PADes adalah ciri mandiri potensi yang dikelola oleh desa. Misalnya PADes tersebut bisa untuk jalan, honor Guru ngaji dan yang lainnya,” kata Barnas Adjidin.

    Pihaknya menekankan pentingnya pengelolaan PADes melalui BUMDes dan memastikan pengelolaannya dijalankan secara profesional.

    “Ketua BUMDes harus paham tentang usaha dan manajerial (perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan). Sehingga dana yang diterima itu bisa dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

    Barnas menegaskan, desa-desa di Garut seharusnya tidak mengalami kemiskinan mengingat potensi dan nilai jual yang dimiliki.

    “Semisal, yang pinggir pantai bisa melakukan usaha-usaha perpantaian,” ungkapnya.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Wawan Nurdin menuturkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan individu agar dapat memperbaiki kinerja pemerintahan desa.

    BACA JUGA:

    Dudung Sudiana Siap Mengabdikan Diri untuk Garut

    Selain itu, agar pemerintah desa dapat melaksanakan tugas sesuai standar yang diinginkan organisasi dan meningkatkan kerja sama antarpengurus dan lembaga kerja sama.

    pj bupati garut fokusjabar.id
    Kepala DPMD Garut, Wawan Nurdin (foto: Ist)

    Baik yang ada di desa dengan pemerintah pusat atau pemerintah daerah serta dengan stakeholder terkait.

    Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengembangan sistem digital serta penguatan kerja sama desa.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img