spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Persib Tim Pertama yang Dikunjungi untuk Sosialisasi VAR

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai menjalankan agenda sosialisasi video assistant referee (VAR) kepada klub-klub peserta Liga 1 musim 2023-2024. Persib Bandung menjadi klub pertama yang dikunjungi.

    Sosialisasi PT LIB terkait penggunaan VAR ini digelar di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (23/4/2024).

    Dalam kegiatan tersebut, hadir jajaran pelatih hingga pemain Persib Bandung.

    Asisten Instruktur VAR PSSI Fahrizal Tahar mengatakan, teknologi VAR ini rencananya akan digunakan mulai pada babak Championship Series Liga 1 musim 2023-2024. Sehingga, perlu adanya sosialisasi terkait aturan penerapan VAR.

    BACA JUGA: Ini Target Pelatih Persib Bandung di 2 Pertandingan Terakhir

    “Kita akan memulai sesuai dengan keputusan PSSI regulasinya di Championship Series, dari Championship Series ini empat tim kita gunakan VAR,” katanya di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (23/4/2024).

    Fahrizal menuturkan, pada babak Championship Series dipastikan pengguna VAR ini sudah siap. Sehingga, saat ini PT LIB mulai menyosialisasikan penggunaan teknologi tersebut. Terutama kepada klub yang lolos ke babak Championship Series.

    “Secara keseluruhan siap. Sedikit set-up, kamera tadi sempat disampaikan LIB akan ditambah lagi 10 kamera jadi nanti ada angle-angle yang didapat di situ, untuk Championship Series sudah siap menggunakan VAR,” jelasnya.

    BACA JUGA: Pelatih Persib Bandung: Semua Pemain Oke

    Pada saat penggunaan VAR, ada beberapa keputusan yang dapat diambil atau dibantu menggunakan teknologi ini di antaranya soal gol.

    “Kalau VAR mengintervensi itu protokol ada goal – no goal, masalah direct red card, masalah identitas yang salah untuk memberikan, di dalam penalti area, penalti-no penalti, misalnya VAR menilai di situ kejadian baik itu ada penalti atau tidak, VAR mengintervensi,” jelasnya. 

    (Arif/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img