spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Jumat Bebas Kendaraan, Dishub Kota Bandung Bakal Wajibkan ASN Kota Bandung Naik Bus BRT

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bus Rapid Transit (BRT) masih belum fix keberadaannya. Namun BRT tersebut akan di uji coba di free day car free.

    Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara menyampaikan, free day car free yakni seluruh karyawan di Balai Kota tidak di berkenankan untuk membawa kendaraan pribadi.

    BACA JUGA: Dishub Kota Bandung Arus Mudik-Balik Lebaran Lancar

    “Jadi semua karyawan di Balai Kota tidak boleh membawa kendaraan,” kata Asep Kuswara, Senin (22/4/2024).

    Nantinya, kata dia, bus BRT tersebut akan di uji coba datang ke Balai Kota Bandung dan menggunakan angkutan bus umum lainnya, seperti Trans Metro Pasundan (TMP).

    “Nanti yang free day car free itu yang datang ke Balai Kota, misalnya angkutan mana saja, ada TMP dari Baleendah yang lewat BEC pasti lewat ke Balai Kota dulu,”katanya.

    Asep menjelaskan, BRT tersebut bertujuan  untuk meminimalisir kemacetan yang sering terjadi di Kota Bandung.

    BACA JUGA: Engkus Sutisna Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati Ciamis, Ini Pesan Bey Machmudin

    “Nanti BRT itu supaya bisa meminimalisir kemacetan, jadi semua mobil pribadi itu nanti beralih ke BRT dalam artian untuk menghemat bahan bakar, optimalisasi agar tidak terjadi emisi gas buang,”jelasnya.

    Pihaknya mengaku akan mengkaji terlebih dahulu terkait pelaksanaan free day car free.

    “Saya lagi bikin kajian dulu, mudah-mudahan di pertengahan Mei, jadi misalnya rombongan dari timur ngumpulnya di Bapenda, atau ngumpulnya di Antapani, nanti bareng-bareng pakai bus. Jadi para karyawan tidak memakai kendaraan pribadi atau pakai online misalnya yang penting di Balai Kota ini tidak ada parkiran-parkiran kendaraan,”ungkapmya.

    Untuk pelaksanaan free day car free tersebut akan diselenggarakan setiap hari Jumat.

    “Hari Jumat aja, Jumat mungkin di minggu pertama atau minggu ketiga, uji coba lah biar udara di Kota Bandung itu enak,”ujarnya.

    Asep menambahkan, tidak ada kriteria karyawan yang boleh membawa kendaraan pribadinya saat berdinas ke Balai Kota Bandung, semua karyawan di Balai Kota Bandung harus memanfaatkan BRT tersebut.

    “Iya semuanya gak boleh bawa kendaraan pribadi, tamu nanti juga tidak boleh, jadi tamu nanti titik pick up nya dimana nanti akan di jemput dengan kendaraan BRT,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img