spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Tim Pemenangan Caleg DPR RI, Laporkan Dugaan Pengelembungan Suara di Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tim Pemenangan Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Jabar X Dipo Ilham Djalil, menduga ada pihak yang berusaha melakukan pengelembungan suara dengan cara menghalang-halangi transparansi perolehan suara sementara.

    Seperti diketahui, Dapil Jabar X meliputi wilayah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

    Saat ini, Tim Pemenangan Dipo Ilham Djalil mengaku kesulitan untuk mendapatkan informasi perolehan suara sementara di wilayah Kabupaten Ciamis.

    Baca Juga:Dugaan Money Politik Caleg RA di Dapil X Jabar, Pelapor Serahkan Bukti ke Bawaslu Ciamis

    Sadam Husen yang merupakan salah satu Tim Pemenangan Dipo Ilham Djalil mengatakan, ketidak transparan perolehan suara sementara Caleg DPR RI Dapil Jabar X di wilayah Ciamis diduga dilakukan langsung oleh Ketua DPD PAN Ciamis Yana Diana Putra.

    Menurutnya, Dipo sudah menanyakan terkait perolehan suaranya kepada Yana, namun tak ada balasan.

    “Kita tidak masuk di Kabupaten Ciamis karena di portal oleh Ketua DPD nya sendiri, sekaligus Wakil Bupati Ciamis. Niat baik seorang Dipo, telepon dan WA juga tidak direspon,” kata Sadam Jumat (8/3/2024).

    Sadam menyebut, tak seperti di wilayah lainnya, DPD PAN Ciamis tertutup dalam menyampaikan real count Caleg DPR RI.

    Baca Juga: Terkait Dugaan Money Politik Caleg RA, Ini Kata Bawaslu Ciamis

    “Sampai di penghujung Pemilu ini kita sulit menerobos dan masuk ke ranah Kabupaten Ciamis karena di sini pengurus DPD nya sendiri tak beri akses dan tak beri perolehan pemilu khusus PAN DPR RI, sehingga kita tidak tahu perolehan suara Dipo di Ciamis karena ditutup, tidak bisa kita akses secara gamlang,” ungkapnya.

    Sadam berharap, adanya pemilu jujur dan adil, serta transparansi dan pihaknya yakin situasi di Ciamis jika Dipo memiliki suara tidak jauh dari pesaingnya di Dapil Jabar X dari PAN.

    Dengan ketidaktransparan ini, maka pihaknya berkesimpulan diduga terjadi pengelembungan suara di wilayah Ciamis dan saat ini Tim Pemenangan Dipo Ilham Djalil terus mencari bukti-bukti terkait kecurangan pemilu tersebut.

    Baca Juga: Serap Keresahan Pedagang, Caleg DPR RI Iwan Bule Kunjungi Pasar Manis Ciamis dan Toko Setia

    “Kita duga ada pengelembungan suara dibeberapa kecamatan, arahnya ke suara, ada intervensi Ketua DPD PAN Ciamis memenangkan salah satu calon. Pleno juga kita enggak masuk, seluruhnya dikelola oleh Ketua DPD PAN Ciamis,”ucapnya.

    Dalam kejadian ini, pihaknya sudah melakukan pelaporan kecurangan pemilu tersebut ke Bawaslu Jabar.

    “Kita laporkan tadi, ke Bawaslu Jabar. Sementara kita melangkah sesuai prosedur dulu, ke Bawaslu,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img