spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Besok, Pemkot Bandung Bakal Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Pasar Kordon

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Pasar Kordon Jalan Terusan Buah Batu Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul pada Sabtu, (2/3/2024) besok. Hal itu dilakukan guna mengurai kemacetan yang kerap kali terjadi di kawasan tersebut.

    “Setelah melihat lokasi, kita sepakat akan melakukan ujicoba pengaturan jam operasional lalu lintas di kawasan pasar Kordon,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau Pasar Kordon, Jumat (1/3/2024).

    BACA JUGA:

    Pengamat: Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan Sudah Sepatutnya

    Ema menyebut, uji coba pengaturan jam operasional satu arah di kawasan pasar Kordon akan dilakukan dalam dua waktu yakni pagi pukul 06.00-08.00 WIB dan sore pada pukul 16.00-18.00 WIB.

    Nantinya, pengendara dari arah utara Jalan Terusan Buahbatu menuju arah ke Jalan Ciwastra akan diberlakukan satu jalur. Sedangkan, pengendara dari arah Ciwastra yang akan menuju Jalan Terusan Buahbatu akan diarahkan ke Jalan Logam selanjutnya ke Jalan Ciparay hingga keluar di Jalan Terusan Buahbatu.

    BACA JUGA:

    KPU Kota Bandung Mulai Menggelar Rapat Plano Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

    “Orang dari timur Ciwastra yang mau ke Jalan Terusan Buahbatu dibelokan ke Jalan Logam keluar di Jalan Ciparay. Sementara orang yang mau ke Jalan Terusan Buahbatu, kita arahkan Jalan Logam arahkan ke Jalan Terusan Buahbatu. Artinya sekitar pukul 06.00-08.00 WIB itu sudah satu arah. Itupun berlaku untuk pukul 16.00-18.00 WIB,”ucapnya.

    Menurutnya, pengaturan rekayasa lalu lintas akan terus dievaluasi. Nantinya apabila dirasakan berdampak dan berhasil mengurai kemacetan pola tersebut akan dipermanenkan.

    “Kita ujicobakan. Kalau itu dirasakan lebih baik kita permanenkan. Nanti kita juga akan izin ke Pak Kapolrestabes,” ungkapnya.

    Selain itu, untuk membantu kelancaran lalu lintas ia meminta Dishub untuk menempatkan petugas dibantu dengan pihak kepolisian dan aparat kewilayahan.

    “Semoga upaya ini dapat efektif mengurai kemacetan di wilayah Pasar Kordon,”ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img