spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Heboh! Ganjar-Mahfud unggul Exit Poll di Luar Negeri Pilpres 2024, Melbourne Tembus 56,7 Persen

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Exit poll hasil pencoblosan Pemilihan Umum (Pilpres) 2024 di luar negeri yang beredar luas di media sosial (medsos) menjadi sorotan berbagai pihak.

    Salah satunya yang menjadi sorotan adalah data dari pemilumelbourne.com yang menacatat, Sejumlah exit poll di luar negeri untuk Pilpres 2024 dimenangkan oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    Berdasarkan hasil exit poll sementara di Melbourne, Australia, Ganjar-Mahfud beroleh 56,7 persen suara, mengalahkan pasangan Anies-Muhaimin (32,9 persen) dan Prabowo-Gibran (10,4%).

    Pasangan Ganjar-Mahfud juga menang pada exit poll pemilihan di Amerika Serikat (AS).

    “Berdasarkan perhitungan exit poll yang kami terima, Ganjar-Mahfud unggul sangat telak di beberapa negara, seperti Australia dan Amerika Serikat,” kata Direktur Eksekutif Komunikasi, Informasi, dan Juru Bicara TPN Tomi Aryanto dalam keterangannya, Senin (12/2/2024).

    Ia mencatat, di New York Amerika Serikat, paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud juga mendapat suara 40,4 persen. Diikuti pasangan nomor urut 01, Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar 38,2 persen, dan paslon 02 Prabowo-Gibran meraup 21,4 persen suara.

    BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru Polsight Jelang Pencoblosan, Suara Prabowo di Jawa Barat Tergerus Anies

    Tomi menekankan, TPN Ganjar-Mahfud akan terus menjaga dan mengawal bersama suara dan hasil pemilihan WNI yang berada di luar negeri ini.

    “Kita berharap KPU, Bawaslu dan seluruh perangkat yang terlibat dalam pemilihan ini akan bekerja profesional dan netral, sesuai peraturan yang ada,” katanya.

    Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, sebagian telah menyalurkan hak pilihnya untuk pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

    Sementara, Ganjar Pranowo mengaku pihaknya sudah mendapatkan kabar tentang hasil pencoblosan Pemilu 2024 yang digelar di luar negeri tersebut. Hasil itu, kata dia, didapatkan dari exit poll yang dilakukan oleh teman-temannya di Amerika Serikat, Belanda, dan Jerman.

    Ganjar mengatakan, di masa tenang ini tengah menyiapkan saksi-saksi untuk Pemilu 14 Februari 2024 nanti. Menurutnya, persiapan saksi ini sama seperti di New York dan negara lainnya.

    “Saksi-saksi untuk nanti tanggal 14 Februari harus menunggui penghitungan suara hingga selesai. Terus teman-teman pagi tadi di New York menyampaikan kepada saya ‘kita melakukan exit poll sendiri, Mas’, hasilnya luar biasa, Belanda sama, Jerman sama,” kata Ganjar di Jebres, Solo, Minggu (11/2/2024).

    Sebagai informasi, pemilihan langsung di New York, Belanda, Melbourne, dan Jerman berlangsung pada Sabtu (10/2/2024).

    Sementara, sejumlah wilayah di Timur Tengah melaksanakan Pilpres 2024 RI pada Kamis-Jumat (8-9/2/2024).

    Surat Keputusan KPU Nomor 112 Tahun 2024 yang merupakan Perubahan Atas Keputusan KPU Nomor 1811 Tahun 2023 Tentang Penetapan Hari dan Tanggal Pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) 2024, sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di kota-kota di luar negeri sendiri telah menggunakan hak suaranya terlebih dahulu, dimulai pada 5 Februari 2024 lalu.

    Ketua KPU RI, Hasyim Asyari menyebut, penghitungan suara secara resmi untuk pemilihan di luar negeri, baru akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, setelah pencoblosan di dalam negeri selesai.

    “Pengumuman hasil hitung suara (quick count atau exit poll) hanya boleh diumumkan setelah pemungutan suara dalam negeri (WIB) telah selesai,” kata Hasyim, Minggu (11/2/2024).

    Namun, exit poll ini dapat mejadi perkiraan siapa pemenang Pilpres 2024 untuk pemilih di luar negeri.
    Berdasarkan data, sejak Pilpres digelar secara langsung, pemenang pemungutan suara di luar negeri, keluar menjadi pemenang pula di dalam negeri. Hal ini terhadi sejak Pilpres 2024 yang memenangkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Jusuf Kalla (JK), hingga Pilpres 2019 yang dimenangkan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img