spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Manfaat dan Batasan Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

    FOKUSJabar.id: Manfaat dan Batasan Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan. Jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk kalangan usia dan dapat kita lakukan kapan saja. 

    Tidak hanya itu, jalan kaki juga terbukti secara ilmiah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk membantu dalam menurunkan berat badan. 

    Presiden dan kepala petugas sains American Council on Exercise, Cedric Bryant, menegaskan bahwa jalan kaki merupakan latihan aerobik berdampak rendah yang memungkinkan seseorang untuk membakar kalori dengan efektif.

    Menurut Bryant, anjuran waktu untuk jalan kaki guna menurunkan berat badan adalah 45-60 menit per hari selama seminggu. 

    Ini berarti bahwa anjuran waktu untuk jalan kaki guna menurunkan berat badan lebih lama. Daripada pedoman dasar untuk menjaga kebugaran tubuh, yang hanya 30 menit per hari. 

    Namun, jalan kaki tidak harus dilakukan dalam satu sesi panjang; Anda dapat memecahnya menjadi beberapa sesi dalam sehari. 

    Misalnya, Anda bisa berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari. Kemudian 15 atau 30 menit setelah makan malam atau saat istirahat makan siang.

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga mendukung manfaat jalan kaki dalam menurunkan berat badan. 

    Mereka merekomendasikan jalan kaki selama 30 menit atau lebih dalam sehari, dengan kecepatan sedang setidaknya 5 hari dalam seminggu. 

    Baca Juga: Rahasia Panjang Umur: Makanan Sehat Penunjang Hidup Lebih Lama

    Batasan Jalan Kaki

    Namun, berjalan kaki dalam waktu yang lebih lama dan dengan intensitas yang lebih tinggi dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam penurunan berat badan.

    Meskipun memiliki banyak manfaat, jalan kaki terlalu lama juga dapat berdampak buruk bagi tubuh. 

    Batas jalan kaki per hari yang disarankan adalah sekitar 3-4 km. Berjalan kaki terlalu lama dapat menyebabkan penurunan performa tubuh, depresi, peningkatan denyut jantung istirahat (RHR), meningkatnya emosi, kehilangan nafsu makan, kelelahan yang berkelanjutan, serta gejala fisik lainnya.

    Dengan memperhatikan batas-batas tersebut, jalan kaki dapat menjadi pilihan olahraga yang efektif dalam upaya menurunkan berat badan. 

    Namun, seperti halnya dengan semua jenis aktivitas fisik, penting untuk memperhatikan batas kemampuan tubuh dan mendengarkan sinyal-sinyal oleh tubuh Anda sendiri.

    Konsultasikan dengan profesional medis atau ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang program penurunan berat badan Anda.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img