spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Cara Mudah Berbagi Lokasi dengan Google Maps di Ponsel Android

    FOKUSJabar.id: Cara Mudah Berbagi Lokasi dengan Google Maps di Ponsel Android. Mengetahui posisi keluarga terdekat merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan. 

    Saat ini, teknologi memungkinkan kita untuk melakukan hal ini dengan mudah, terutama melalui ponsel Android menggunakan aplikasi Google Maps. 

    Namun, penting untuk kita ingat bahwa Anda tetap memiliki kendali penuh terhadap siapa yang dapat melihat posisi Anda dan kapan Anda berhenti berbagi lokasi.

    Beberapa fitur yang terkait dengan lokasi ini sangat berguna, seperti saat Anda ingin mengetahui posisi terakhir anak-anak Anda atau ingin memperkirakan kapan rekan yang sedang dalam perjalanan akan tiba.

    Bagaimana Cara Berbagi Lokasi dengan Google Maps?

    1. Buka Google Maps di ponsel Android Anda, dan ketuk avatar akun Google Anda yang berada di sudut kanan atas layar.

    2. Pilih opsi “Berbagi Lokasi” (Location Sharing).

    3. Ketuk “Berbagi Baru” (New Share) untuk memulai proses berbagi lokasi Anda dengan kontak yang Anda tuju.

    4. Anda dapat memilih jangka waktu berbagi lokasi, mulai dari 15 menit hingga sembilan jam. Jika ingin kontak tersebut dapat melihat lokasi Anda hingga Anda mematikannya, pilih opsi “Sampai Anda Mematikannya” (Until You Turn This Off).

    5. Pilih kontak yang ingin Anda bagikan lokasinya dari daftar saran yang muncul, atau ketuk opsi “Lainnya” (More) untuk memilih kontak lain.

    6. Kontak yang Anda pilih akan mendapatkan pemberitahuan di Google Maps bahwa Anda sedang berbagi lokasi dengan mereka. Mereka memiliki opsi untuk membagikan kembali lokasi mereka, tetapi hal ini tidak wajib kita lakukan.

    7. Untuk melihat lokasi orang lain yang Anda bagikan, buka layar “Berbagi Lokasi” di Google Maps. Anda akan melihat daftar orang-orang yang saat ini Anda bagikan lokasinya, serta lokasi mereka yang ditampilkan di peta.

    Baca Juga: Kereta Cepat Whoosh KCIC Perkenalkan Tarif Dinamis

    8. Ketuk nama kontak dalam daftar untuk memperbesar lokasi mereka dan mendapatkan informasi tambahan seperti seberapa jauh mereka dari Anda, kapan lokasi terakhir mereka diperbarui, dan tingkat baterai ponsel mereka.

    9. Anda juga dapat mengatur notifikasi untuk kontak tertentu untuk memberitahu Anda ketika mereka tiba atau meninggalkan suatu lokasi. Caranya, ketuk kontak yang ingin Anda beri notifikasi, pilih lokasi yang ingin dijadikan dasar notifikasi, lalu pilih jenis notifikasi yang diinginkan.

    Melacak posisi keluarga dan teman dekat dengan Google Maps memberikan rasa aman dan memudahkan koordinasi. 

    Tetap ingat untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan menghargai privasi orang lain. 

    Dengan memanfaatkan teknologi dengan baik, kita dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img