spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Kereta Cepat Whoosh KCIC Perkenalkan Tarif Dinamis

    FOKUSJabar.id: Kereta Cepat Whoosh KCIC Perkenalkan Tarif Dinamis. Perjalanan dengan kereta cepat kini semakin fleksibel dengan adanya skema tarif dinamis oleh Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk layanan mereka.

    Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa. Mengumumkan bahwa tiket kelas premium ekonomi Whoosh akan mulai tersedia dengan harga dinamis mulai dari Rp 150 ribu.

    Penerapan skema tarif dinamis ini akan dimulai pada tanggal 3 Februari mendatang. Dengan tarif yang bervariasi mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu. 

    Eva menjelaskan bahwa skema ini memberikan kesempatan bagi penumpang untuk mendapatkan tiket Whoosh dengan harga yang lebih hemat. Tergantung pada waktu keberangkatan dan faktor-faktor lainnya.

    “Penerapan skema dynamic pricing ini memungkinkan penumpang mendapatkan tiket Whoosh dengan harga yang lebih hemat bila melakukan perjalanan di waktu tertentu,” ungkap Eva dalam pernyataannya Senin (28/1/2024).

    Menurut Eva, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tarif dinamis ini, antara lain waktu keberangkatan (peak hour atau off peak hour), musim liburan (high season) atau non-liburan (low season), serta hari kerja versus akhir pekan.

    “Pada high season atau peak hour akan menawarkan tarif yang lebih tinggi, sebaliknya pada moment off peak tentunya akan menawarkan tarif yang lebih murah. Memberi penumpang alternatif perjalanan dengan tarif yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan daya belinya,” jelas Eva.

    Hingga 27 Januari 2024, Whoosh telah melayani sekitar 1,5 juta penumpang. Tingkat okupansi saat ini berkisar antara 60 hingga 80 persen. 

    Eva juga mencatat bahwa pencapaian tertinggi dalam jumlah penumpang harian terjadi pada November 2023 dan selama masa angkutan Nataru Desember 2023-Januari 2024.

    “Dynamic pricing ini akan memberikan nilai tambah bagi penumpang. Harapannya dengan adanya fleksibilitas dapat memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat,” tambahnya.

    Baca Juga: Lima Wisata dari Stasiun Kereta Cepat Whoosh

    KCIC juga telah menjalin kerjasama dengan 12 destinasi wisata, kuliner, dan penginapan di Bandung. Dengan menawarkan promo gratis tiket masuk atau diskon bagi pemegang tiket Whoosh.

    Beberapa destinasi wisata yang menawarkan promo Free Entry antara lain Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau, Tepi Kota Healing, The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, Dago Dream Park, dan Papa Dino. 

    Sedangkan untuk promo diskon hingga 20 persen menggunakan tiket Whoosh, tersedia di beberapa restoran seperti Baker Street Resto cabang Cimandiri. Beragam restoran di The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, serta The Lodge Camp & Village di Stasiun Bandung.

    Eva menegaskan bahwa akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi penerapan tarif dinamis guna memastikan kenyamanan dan kepuasan penumpang. 

    Dengan berbagai inovasi dan kerjasama, KCIC berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi masyarakat.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img