spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Tanggul Sungai Cikapundung Jebol, 857 Warga Kelurahan Braga Diungsikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Turtoyuliono mencatat, puluhan rumah di Kelurahan Braga Kecamatan Sumur bandung terendam banjir setinggi 1,5 meter akibat tanggul sungai Cikapundung jebol pada Kamis (11/1/2024) kemarin.

    “Berdasarkan identifikasi sementara kurang lebih ada 857 jiwa yang terdampak dari 400 KK  kurang lebih juga sekitar 60 rumah tapi ini akan terus kita inventarisasi,” kata Bambang saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Braga Kota Bandung Jabar Jumat (12/1/2024).

    BACA JUGA: Debat Capres, AHY Menilai: Banyak Menyerang Personal Banding Subtansi Debat

    Oleh karna itu, pihaknya pun akan segera melakukan perbaikan tanggul jebol sepanjang 12 meter yang diduga menjadi penyebab terjadinya banjir.

    “Nah penanganan yang sangat amat sementara diantaranya adalah memperbaiki tanggul, jadi ada tanggul sekitar 10 sampai 12 meter. Mungkin itu salah satu faktor penyebabnya melibasnya air dari Cikapundung ke pemukiman warga,”katanya.

    Pihaknya pun memastikan perbaikan tanggul tersebut akan diselesaikan hari ini sebagai upaya mengantisipasi meluapnya kembali Sungai Cikapundung.

    BACA JUGA: TPT Ambrol, 1 Rumah di Sadananya Ciamis Terancam Ambruk

    Terlebih, curah hujan di Kota Bandung hingga beberapa hari kedepan memiliki intensitas tinggi, sehingga reaksi cepat harus dilakukan  agar tidak terjadi banjir lagi.

    “Ini (perbaikan tanggul) kita pastikan hari ini selesai. Jadi tadi juga ibu Ayu dari BMKG kota menyampaikan bahwa potensi curah hujan di Kota Bandung masih tinggi di hari ini sampai beberapa hari kedepan. Oleh karena itu, kita tentunya harus lebih waspada lebih hati-hati,”ungkapnya.

    Nuamun begitu, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk mengantisipasi terjadinya banjir kembali. Terutama, membantu warga yang kini sedang mengungsi di area pertokoan Jalan Braga.

    “Jadi petugas kita stan by disini 24 jam membantu warga sekaligus juga untuk upaya mengantisipasi mana kala ada kejadian-kejadian berikutnya,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img