spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Tebing Sawah di Pamarican Ciamis Longsor, Arus Lalulintas Lumpuh

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tebing teras siring Sawah setinggi 20 meter dengan panjang 40 meter yang berada di Dusun Karangcingkrang Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat longsor.

    Akibatnya akses jalan menuju Desa Mekarmulya menuju Desa Sidamulih dan arah pusat kota Kecamatan Pamarican tidak bisa dilalui kendaraan akibat bahu jalannya tertutup material longsoran.

    Baca Juga: Pemkab Ciamis Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana

    “Kejadiannya tadi petang saat hujan deras mengguyur wilayah Desa Sidamulih dan sekitar nya,” kata anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis Baihaqi Efendi. Senin (8/1/2024)

    Baihaqi mengatakan, karena bahu jalan tersebut tertimbun material longsoran dari tebing sawah tersebut menyebabkan akses arus lalulintas warga terhambat.

    Baca Juga: Dinding Rumah di Bangunjaya Jebol Penghuninya Terpaksa Diungsikan

    “Akses jalan itu sangat penting bagi anak anak sekolah, warga yang akan menuju pasar dan pusat pemerintahan Kecamatan Pamarican,”ucapnya.

    Baihaqi melanjutkan, jalan tersebut sangat vital bagi arus lalulintas warga. Maka setelah terjadinya longsor, harus secepatnya melakukan proses penanggulangan.

    “Kebutuhan yang mendesak karena tumpukan material longsor cukup menggunung. Hal itu menimbun ruas jalan maka memerlukan alat berat untuk membersihkannya,” jelasnya.

    Baihaqi menambahkan, selain memerlukan alat berat untuk mengevakuasi tumpukan material longsoran tersebut juga membutuhkan pompa air dan ribuan karung untuk menahan tebing itu agar tidak terjadi longsor susulan.

    “Kebutuhan di lokasi longsor di Desa Mekarmulya, Pamarican, Ciamis yakni alat berat. Kemudian alat pompa air dan karung itu harus secepatnya dikirim,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img