spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Tutup Tahun 2023, Pembiayaan bank bjb syariah Lampaui Target

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: PT Bank Jabar Banten Syariah (bjb syariah) optimistis menutup tahun 2023 dengan menyalurkan pembiayaan melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp8,38 trilyun. Demikian disampaikan Dirut bank bjb syariah Adang A. Kunandar saat Media Gathering di Hotel Sari Ater Subang, Rabu (20/12/2023).

    Kendati berbagai tantangan masih melanda industri keuangan nasional, mulai dari kenaikan BI Rate, kenaikan nilai tukar hingga situasi politik menjelang Pemilu, bank bjb syariah berhasil melewati tahun 2023 dengan baik.

    “Kami optimistis target pembiayaan yang sudah ditetapkan bisa dicapai, bahkan melampaui,” kata Adang.

    Jika melihat laporan keuangan Kuartal III/2023 per September, kata dia, bank bjb syariah sudah menyalurkan pembiayaan senilai Rp8,36 trilyun atau sudah terealisasi 98,77 persen dari target Rp8,38 trilyun. Angka itu naik 14,5 persen jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama, yakni dari Rp7,29 trilyun menjadi Rp8,36 trilyun.

    BACA JUGA: bank bjb Raih Best Digital Finance for E-Banking Transactions in Real Time

    Adapun dominasi pembiayaan sepanjang 2023 adalah pembiayaan konsumer, disusul pembiayaan komersial, dan sisanya pembiayaan ritel dan mikro. Dari sisi aset, bank bjb syariah mencatatkan sebesar Rp12,33 trilyun atau baik 10,60 persen year on year (yoy) per September 2023.

    Kemudian dari sisi laba, bank bjb syariah juga berhasil membukukan laba Rp53,18 milyar pada September 2023, sehingga bank bjb syariah pun siap menatap 2024 dengan meningkatkan kinerja di semua lini, ermasuk memperkuat layanan digital melalui aplikasi Mobile Maslahah.

    Terlebih di era digital yang terus berkembang, di mana kemajuan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk cara bertransaksi di perbankan.

    “Salah satu inovasi perbankan yang kian diminati adalah layanan Digital Onboarding, dengan fitur itu, calon nasabah bank bjb syariah bisa membuka rekening Tabungan dengan cepat dan mudah melalui ponsel,” kata dia.

    Adapun fitur yang diluncurkan tahun 2023 dan banyak diminati nasabah adalah call center 24 jam. Melalui fitur ini, nasabah bisa menghubungi petugas bank bjb syariah baik melalui aplikasi Mobile Maslahah (telepon, chating atau pesan singkat) saat terkendala dalam bertransaksi.

    Tidak hanya itu, bank bjb syariah akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai instansi dan pemerintah daerah dalam melayani tabungan haji dan umrah di wilayah Jabar dan Banten.

    “Saat ini, bank bjb syariah terus melakukan proses pembukaan layanan di seluruh Kantor Kemenag wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta dengan total 23 Kantor Fungsional dan telah aktif beroperasi,” kata dia.

    Adang berharap keberadaan kantor fungsional bank bjb syariah di wilayah Kantor Kemenag dapat memudahkan calon jamaah haji mendaftar dengan hanya mendatangi satu tempat.

    Adapun layanan yang bisa diperoleh calon jamaah, yakni pembayaran setoran awal haji (BIPIH) dan mendapatkan nomor validasi pembayaran haji. Calon haji juga bisa mendaftat dan mendapatkan nomor porsi di Kemenag. Selain melalui kantor fungsional, bank juga menyediakan layanan haji dan umrah melalui aplikasi Mobile Maslahah.

    Dengan begitu, calon jamaah bisa melakukan setoran awal biaya haji (BIPIH) dan mendapatkan nomor validasi pembayaran haji cukup melalui smartphone.

    bank bjb Syariah Borong Lima Penghargaan 

    Kinerja layanan haji yang dilakukan bank bjb syariah sepanjang 2023 juga mendapat apresiasi dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Bahkan, memborong lima penghargaan sekaligus dari BPKH sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) terbaik.

    Penghargaan yang berhasil diraih bank bjb syariah di antaranya, BPS-BPIH Pendaftar Haji Terbaik 2023 Kategori BPD (terbaik ke-1), BPS BPIH Pertumbuhan Pendaftar Haji Terbaik 2023 Kategori BPD (terbaik 1), BPS BPIH Pendaftar Haji Milenial Terbaik 2023 Kategori BPD (terbaik 1), Umrah Reward BPKH Kategori BPD (terbaik 1), dan BPS BPIH Sustainable Finance 2023 Kategori BPD terbaik kedua.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img