spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Bupati Ciamis Pastikan sudah Siap Hadapi Bencana Alam di Musim Hujan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengaku sudah siap menghadapi bencana alam yang terjadi di Kabupaten Ciamis menghadapi musim penghujan. 

    Menurutnya, kesiapsiagaan sudah dilakukan dari beberapa bulan kebelakang ketika musim kemarau, bahkan pada musim kemarau saat bencana kekeringan pihaknya sudah melakukan penanggulangan bencana kepada wilayah kekeringan. 

    “Sejak musim kemarau juga kami sudah siaga dan saat musim hujan ini kami juga siap siaga,” kata Herdiat dalam acara apel kesiapsiagaan bencana di Halaman Makodim 0613 Ciamis. Jumat (8/12/2023).

    BACA JUGA: DPMPTSP Ciamis Mewajibkan Pengusaha Miliki NIB

    Herdiat menuturkan, dari 27 kecamatan delapan kecamatan diantaranya merupakan rawan bencana alam. 

    “Salah satunya Kecamatan Tambaksari pada musim hujan itu rawan terjadi pergerakan tanah atau amblas,” ujarnya.

    Kemudian ada daerah rawan tanah longsor di beberapa Kecamatan seperti Kawali, Panawangan, Cihaurbeuti dan Sukamantri. Kata Herdiat daerah tersebut menjadia menjadi perhatian lebih dari pihaknya karena merupakan daerah rawan bencana.

    “Di wilayah Kecamatan Cihaurbeuti akibat longsor telah menyebabkan korban jiwa dua orang,” ucapnya.

    Ia menjelaskan, untuk kesiapsiagaan terhadap bencana tersebut pihak Pemkab Ciamis saat ini sudah menyiapkan alat berat apabila sewaktu waktu terjadi musibah tanah longsor.

    “Alat berat sudah kami siapkan termasuk dengan dana tak terduga untuk menghadapi segala kemungkinan apabila terjadi musibah,” katanya.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Resmikan KBU PKBM Galuh

    Sementara itu Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf. Wahyu Alfian Arisandi menjelaskan, bahwa jajaran TNI-AD dan pihak Polres Ciamis sudah menyiapkan pasukan sebanyak Dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau berkekuatan sekitar 150 personil untuk menghadapi segala kemungkinan akibat adanya musibah bencana di wilayah Ciamis dan Banjar.

    “Jajaran Kami bersama Polisi  sudah siaga baik personel maupun peralatan untuk menghadapi segala kemungkinan akibat bencana alam ini untuk bersinergi dengan Pemkab Ciamis,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img