spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Kilas Balik Kiprah Mantan Ketua DPRD Garut Ahmad Bajuri

    GARUT,FOKUSJabar.id: Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sejumlah Calon Legislatif (Caleg) sudah nampak melakukan sosialisasi dengan berbagai cara dan janji politiknya. Salah satunya, Ahmad Bajuri dari Partai Demokrat (PD).

    Mantan Ketua DPRD Garut periode 2009-2014 ini nyaleg DPRD Dapil Jabar XIV nomor urut 1.

    Beberapa waktu yang lalu, Ahmad Bajuri silaturahmi ke sejumlah tokoh di Kecamatan Wanaraja.

    Mereka mengenang kiprah dan perhatian mantan Sekjen Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) untuk Kabupaten Garut. Khususnya Kecamatan Wanaraja dan Sucinaraja.

    BACA JUGA:

    Ahmad Bajuri: 276 Kader Potensial Gabung Partai Demokrat

    Menurut tokoh muda Kecamatan Wanaraja, Ridwan Firdaus, mantan Ketua DPC Partai Demokrat Garut (2007-20222) merupakan caleg yang berdedikasi tinggi, memiliki integritas dan komitmen dalam memajukan Kota Intan.

    ahmad bajuri fokusjabar.id
    Ahmad Bajuri

    Ridwan mencatat, saat menjadi Ketua DPRD Garut, Dia mampu merangkul berbagai kalangan masyarakat untuk membangun Garut ke arah yang lebih baik.

    Bagi sebagian besar masyarakat Wanaraja dan Sucinaraja, Dia sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, saat menjadi wakil rakyat kerap hadir memenuhi berbagai undangan.

    Baik itu sosial, olahraga, pendidikan, Kesehatan hingga kegiatan seni dan budaya.

    Ridwan menyebut, komunitas yang dibesarkan Ahmad Bajuri di antaranya, Paguyuban Pemuda Pemudi Sucinaraja (P3S) dan Persatuan Ojek Wanaraja (POW).

    Berkat support Bajuri, P3S mampu memfasilitasi puluhan pemuda produktif melalui beberapa PKBM hingga mendapatkan kesetaraan pendidikan, kegiatan penghijauan, turnamen Bola Voli dan kegiatan seminar tanpa APBD.

    Sementara POW yang awalnya berdiri untuk membantu sesama tukang ojek dan keluarganya melalui kegiatan sosial, seni dan budaya.

    Namun tahun 2007-2013 kerap menyelenggarakan kegiatan sosial. Yakni, santunan anak yatim, khitanan massal, pagelaran seni budaya, festival Marawis, Pencak Silat.

    Puncak kegiatan terbesar POW adalah menggelar Wayang Golek (2011) dengan menghadirkan Dalang Asep Sunandar Sunarya di lapang Jaya Bakti.

    Ridwan menambahkan, kiprah terbesar Ahmad Bajuri bagi komunitas yang ada di kecamatan Wanaraja dan Sucinaraja adalah memberikan edukasi serta membuka akses seluas-luasnya.

    “Pola pendekatannya mengedepankan kekeluargaan dan hubungan emosional serta membuka wawasan,” ungkap Ridwan.

    Kiprah Bajuri bagi kabupaten Garut lainnya, tahun 2011 merevisi Perda Tata Ruang sehingga dampak manfaatnya bisa dirasakan.

    BACA JUGA:

    Mantan Bupati Garut Dukung Ahmad Bajuri Maju di DPRD Jabar

    Di antaranya, dibukanya kembali akses Kereta Api Cibatu-Garut, menetapkan daerah-daerah Industri (Leles, Kadungora, Cibatu dan Balubur Limbangan).

    “Hal itu mampu mendatangkan investor dan membuka lapangan kerja. Itu semua tak lepas dari kiprah dan peran Beliau saat menjabat Ketua DPRD Garut,” kata Ridwan.

    “Mudah-mudahan Beliau terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jabar agar kiprah dan perannya dapat dirasakan kembali oleh Masyarakat Kabupaten Garut,” pungkas Ridwan Firdaus.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img