spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Mobil Listrik Toyota: Pemimpin Pasar Hybrid di Indonesia

    FOKUSJabar.id: Penggunaan mobil listrik, terutama jenis hybrid, semakin berkembang pesat di Indonesia seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi emisi gas buang. 

    Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa pada tahun 2023, mobil hybrid, baik hybrid electric vehicle (HEV) maupun plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), mendominasi pasar mobil listrik di Indonesia.

    Menurut Gaikindo, penjualan mobil hybrid mencapai 41.571 unit atau 77,8 persen dari total penjualan kendaraan listrik pada periode Januari hingga Oktober 2023. 

    Dalam pasar yang kompetitif ini, PT Toyota Astra Mandiri (TAM) berhasil memimpin penjualan dengan mencatatkan 29.183 unit, menunjukkan dominasi Toyota dalam segmen kendaraan hybrid.

    Berikut adalah beberapa kendaraan hybrid unggulan dari Toyota yang berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia:

    1. Toyota Innova Zenix Hybrid

    Toyota Innova Zenix Hybrid menjadi andalan Toyota dalam kategori HEV di Indonesia. Menurut data Gaikindo, kendaraan ini menjadi yang paling diminati dengan total penjualan mencapai 21.492 unit pada periode Januari hingga Oktober 2023. 

    Kijang Innova Zenix Hybrid menawarkan teknologi terbaru dan sistem transmisi 10-Speed Direct Shift CVT bersama dengan mesin 2.0L TNGA (Toyota Hybrid System Generasi 5). 

    Dengan mesin ini, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 174 horsepower (HP) dengan torsi maksimum 20,9 Nm.

    2. Toyota Yaris Cross Hybrid

    Toyota Yaris Cross Hybrid, sebuah compact sport utility vehicle (SUV), juga berhasil meraih perhatian konsumen Indonesia. 

    Dengan total penjualan mencapai 4.731 unit pada Januari hingga Oktober 2023. Yaris Cross Hybrid menggunakan mesin 2NR-VEX 4 silinder 1.5L dengan teknologi Dual VVT-i. 

    Baterai lithium-ion dengan kapasitas 4,3 kilowatt-hour (kWh) memberikan daya tambahan pada motor listrik, memungkinkan mobil berjalan tanpa menggunakan bahan bakar.

    3. Toyota Corolla Cross Hybrid

    Toyota Corolla Cross Hybrid, sebagai sport utility vehicle (SUV) kompak, menggabungkan mesin bensin 1.8 liter dengan motor listrik 53 kW. Dengan tenaga maksimal 121 HP dan torsi maksimal 142 Nm. Corolla Cross Hybrid menawarkan desain modern, fitur canggih, dan efisiensi bahan bakar.

    Baca Juga: Xiaomi Perkenalkan Mobil Listrik SU7 dan SU7 Max

    4. All New RAV4 GR Sport PHEV

    Toyota juga menawarkan kendaraan hybrid pada kategori PHEV dengan All New RAV4 GR Sport PHEV. Mobil SUV ini hadir dengan mesin 2.5 liter, teknologi hybrid generasi kelima, dan daya tambahan berasal dari sumber eksternal. Dengan tenaga 306 HP dan torsi 227 Nm, RAV4 GR Sport PHEV memiliki jangkauan listrik hingga 95 km.

    5. Toyota C-HR Hybrid

    Toyota C-HR Hybrid menggunakan mesin 2ZR-FXE 4 silinder, 16 katup, DOHC, dan Dual VVT-i dengan kapasitas 1.800 cc. Dengan daya maksimal 100 HP pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 3.600 rpm. C-HR Hybrid merupakan pilihan yang tepat untuk yang menginginkan SUV dengan desain modern dan ramah lingkungan.

    Selain kelima model tersebut, Toyota juga menawarkan kendaraan hybrid lainnya, seperti Alphard Hybrid, Camry Hybrid, dan Corolla Altis Hybrid. 

    Semua mesin kendaraan hybrid dari Toyota dilengkapi dengan teknologi Toyota Hybrid System (THS). Menggabungkan mesin bensin dan dua motor listrik untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi gas buang, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik. 

    Komitmen Toyota terhadap teknologi ramah lingkungan semakin terlihat, dan dukungan masyarakat terhadap mobil listrik semakin meningkat, menciptakan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan untuk Indonesia.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img