spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Lestarikan Budaya, KBPP Polri dan Elyza Cipta Sejahtera Gelar Pasanggiri Jaipong 2

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ratusan peserta mengikuti pasanggiri jaipong 2 yang diadakan keluarga besar putra putri (KBPP) Polri bersama Elyza Cipta Sejahtera di Museum Sri Baduga Jalan BKR Kota Bandung Jabar Minggu (26/11/2023). Acara ini digelar selama dua hari terhitung pada 25 hingga 26 November 2023.

    Hal itu dilakukan dalam rangka melestarikan budaya Jawa Barat, khususnya tari tradisional jaipong, sehingga budaya Jabar tak tergerus zaman.

    Direktur Utama PT Elyza Cipta Sejahtera, Elyza Ardilaya mengatakan, anak-anak muda saat ini mulai berkiblat pada budaya luar, seperti budaya Korea. Padahal, budaya sendiri khususnya Jabar begitu keren dan bagus serta tak kalah dengan budaya luar.

    BACA JUGA: Kota Bandung Gelar Doa Lintas Agama dan Donasi Bagi Warga Palestina

    “Sudah seharusnya generasi muda mau melestarikan budaya yang sudah ada ini. Saya berharap juga dengan adanya acara ini budaya Sunda khususnya jaipong bisa semakin dikenal orang, tak dilupakan sehingga (kegiatan) ini penting dalam upaya mencari bakat-bakat untuk melestarikan budaya agar tak punah,” kata Elyza. 

    Elyza berharap, tari jaipong ini tak sampai diklaim negara lain, sehingga generasi muda mesti mempertahankan bahkan meningkatkan budaya Sunda khususnya jaipong untuk bisa tampil di mancanegara.

    “Insya Allah saya ke depannya rutin laksanakan pasanggiri ini dengan tak hanya menampilkan jaipong, melainkan budaya Jabar lain, semisal calung, reog, dan alat seni lainnya yang dikolaborasikan dengan alat musik modern supaya tak monoton,” ucapnya.

    Sementara itu, Ketua Pelaksana KBPP Polri PD Jabar, Deniyanto Sugiharto menyebut pasanggiri jaipong 2 sudah dua kali dilaksanakan dengan tahun sebelumnya dilaksanakan di Dago.

    BACA JUGA: Beras dan Telur Jadi Primadona di Pasar Murah Kota Bandung

    “Peserta pasanggiri jaipong 2 ini sebanyak 170 orang dari tiga kategori, yakni usia 1-3, 4-6, dan SMP. Mereka berasal dari berbagai sanggar di Jabar. Kami berharap ke depannya tak sebatas Jabar tapi meluas ke provinsi lain, semisal Jateng, Jakarta, dan lainnya,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img