spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Harga Kacang Kedelai Naik, Pengrajin Tahu di Cibuntu Kota Bandung Gulung Tikar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Perajin tahu Cibuntu, Kota Bandung mulai merasakan dampak kenaikan harga kacang kedelai yang kini menembus Rp 12.800 dari semula Rp 11.000 per kilogram.

    Perajin tahu Cibuntu, Kota Bandung Basri Sodikin, bahkan memilih untuk stop produksi sementara waktu di tengah situasi saat ini. Keputusan itu terpaksa dilakukan dari pada terus merugi.

    BACA JUGA: Besok, Ribuan Warga Lintas Agama Gelar Aksi Bela Palestina di Bandung

    “Mulai 1 November, saya sudah tidak produksi lagi. Dari pada terus nombok, lebih baik saya berhenti. Antara keuntungan, dan penghasilan sudah tidak seimbang,” kata Basri Sodikin di Gang Cibuntu Sayuran Kelurahan Warung Muncang Kecamatan Bandung Kulon Jabar Jumat (17/11/2023).

    Basri menyebut, kenaikan harga kacang kedelai di Kota Bandung telah terjadi sejak Agustus lalu. Kacang kedelai, berangsur-angsur naik Rp 100 rupiah hingga saat ini di jual dengan harga Rp 12.800 per kilogram.

    BACA JUGA: Berkunjung ke Uninus Bandung, Ma’ruf Amin: Perguruan Tinggi Harus Cetak Lulusan Berkualitas

    “Saya mencoba bertahan dengan memperkecil ukuran tahu. Tetapi karena produksinya sedikit, itu tidak mencukupi ongkos produksi. Di Agustus saya mencoba bertahan, dan akhirnya stop produksi,” ucapnya.

    Basri mengungkapkan, para pegawainya kini telah bekerja di tempat produksi tahu Cibuntu yang masih bertahan di tengah situasi saat ini. Sementara dirinya, kini bekerja serabutan untuk menafkahi keluarga.

    “Saya kerja serabutan, bisa menjadi kuli bangunan. Yang penting bisa menghidupi keluarga. Kalau pegawai, pindah ke orang lain yang usahanya masih bertahan. Ini banyak yang gulung tikar,” ungkapnya.

    Ia pun berharap adanya campur tangan pemerintah untuk memberi keberpihakan kepada perajin tahu seperti dirinya. Karena tanpa bantuan pemerintah, akan sangat sulit untuk kembali membuka usahanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img