spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Berkunjung ke Uninus Bandung, Ma’ruf Amin: Perguruan Tinggi Harus Cetak Lulusan Berkualitas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengunjungi wisuda ke-67 dan Milad Ke-64 Universitas Islam Nusantara (Uninus) di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, (16/11/2023).

    Dalam kesempatan tersebut ia melakukan orasi ilmiah dimana dirinya mengatakan bahwa institusi perguruan tinggi di tengah masyarakat global saat ini terus mengalami perubahan. 

    Perguruan tinggi yang semula menjadi tempat akademisi berkembang kini menjadi rumah tumbuhnya peneliti. Banyak penemuan dan inovasi penting bahkan mampu mengubah wajah peradaban. 

    BACA JUGA: Pemprov Jabar Targetkan 2,2 Juta UMKM Miliki Nomor Induk Usaha

    “Perguruan tinggi bukan saja tempat mengasah ilmu pengetahuan, melainkan juga institusi kunci yang berperan konkret dalam membangun akhlak, budaya, dan kesejahteraan masyarakat,” katanya. 

    Menurut Ma’ruf, tugas utama perguruan tinggi bukan hanya menghasilkan lulusan sebanyak-banyaknya, melainkan juga mencetak alumni yang berkualitas dan berakhlak, yakni alumni yang mampu berkontribusi besar sesuai dengan tuntutan dunia, industri, dan perkembangan zaman. 

    “Pendidikan adalah kunci masa depan bangsa karena itu mutu dan kualitas pendidikan pada semua jenjang terutama perguruan tinggi mesti terus ditingkatkan,” kata dia.

    Salah satu upaya pemerintah dalam membangun kemaslahatan umat telah dituangkan dalam visi Indonesia Emas 2045. 

    Ma’ruf menuturkan, bangsa Indonesia mesti bergegas mengerahkan segala potensi demografi, yakni jumlah angkatan yang tinggi dan memiliki kecakapan digital. 

    BACA JUGA: Diperiksa Bareskrim Polri, Ketua KPK Firli Bahuri Dicecar 15 Pertanyaan

    “Oleh karena itu perguruan tinggi menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang, pengembangan teknologi serta peningkatan keahlian dan daya saing SDM,” ucapnya. 

    Usai orasi ilmiah, Wapres kemudian melanjutkan agenda lainnya di Jakarta. Wapres dan rombongan bertolak ke Ibu Kota menggunakan kereta cepat Whoosh dari Stasiun Tegalluar, Bandung.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img