spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Mengapa Tidur di Sofa Lebih Mudah Daripada di Tempat Tidur

    FOKUSJabar.id: Tidur di sofa lebih mudah. Setelah hari yang melelahkan, saat tubuh terasa berat dan mata mengantuk. Sofa di ruang tamu seringkali terasa mengundang untuk dijadikan tempat tidur sementara. 

    Nyalakan televisi, seduh teh, dan lama-lama mata pun terpejam. 

    Namun, tiba-tiba, kita terbangun dan menyadari bahwa masih tidur di sofa. Melansir dari CNNIndonesia, berikut beberapa alasan mengapa mudah tidur di sofa, tetapi tidak selalu di tempat tidur?

    Tekanan Tidur dan Ritme Sirkadian

    Salah satu alasan utama adalah apa yang disebut sebagai “sleep pressure” atau tekanan tidur. Ini adalah kekuatan dorongan biologis untuk tidur, yang semakin besar semakin lama kita terjaga.

    Selain itu, ritme sirkadian atau jam tubuh kita juga memainkan peran penting. Ritme ini memberitahu kita untuk tetap terjaga di siang hari dan tidur di malam hari.

    Pengaruh Lingkungan

    Lingkungan sekitar kita juga dapat mempengaruhi seberapa mudah kita tertidur. Mungkin saja kita baru saja makan, sofa yang nyaman berada di ruangan yang hangat. Selain itu pencahayaan yang redup, dan ada program TV yang menarik.

    Bagi banyak orang, lingkungan seperti ini menjadi tempat yang sempurna untuk tidur.

    Jadi, pada akhir hari, tekanan tidur meningkat, ritme sirkadian memberitahu kita bahwa sudah waktunya untuk tidur. Juga lingkungan yang nyaman membuat tidur di sofa tampak lebih menarik.

    Lama Tidur dan Tantangan Tidur di Tempat Tidur

    Meskipun tidur di sofa mungkin terasa nyaman, jika itu hanya berlangsung beberapa menit. Selain itu, tidur di tempat tidur kemungkinan tidak akan menjadi tantangan.

    Namun, jika kita tertidur di sofa selama satu jam atau lebih, situasinya bisa berbeda.

    Jika terbangun selama tidur ringan, bisa menjadi lebih sulit untuk kembali tidur di tempat tidur.

    Aktivitas setelah bangun dari sofa, seperti menyalakan lampu terang atau menggosok gigi, juga bisa membuat kita lebih sulit tidur kembali saat berada di tempat tidur.

    Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat: Kunci Menuju Kesejahteraan

    Kecemasan Terkait Tidur dan Kondisi Lingkungan Tidur

    Beberapa orang mengalami kecemasan terkait tidur, khawatir tentang kurang tidur atau tertidur terlalu cepat.

    Kondisi seperti ini membuat tidur terkait dengan perasaan stres dan ketakutan, sehingga lebih sulit untuk tidur di tempat tidur.

    Selain itu, kebersihan tidur yang buruk, seperti perilaku sebelum tidur yang tidak teratur atau lingkungan tidur yang tidak kondusif, juga dapat membuat tidur di tempat tidur menjadi tantangan.

    Rutinitas tidur yang sehat, ruangan yang gelap dan tenang, serta kebiasaan positif sebelum tidur adalah kunci untuk tidur yang nyenyak di tempat tidur.

    Jadi, sementara sofa mungkin menjadi tempat yang nyaman untuk tidur sebentar, penting untuk menciptakan kondisi yang baik di kamar tidur agar tidur di tempat tidur tidak lagi menjadi tantangan yang sulit.

    Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, kita dapat meningkatkan kualitas tidur kita dan meraih tidur yang lebih baik di tempat tidur setiap malam.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img