spot_img
Jumat 1 Desember 2023
spot_img
More

    Soal Boikot Produk Pendukung Israel, MUI Jabar: Wajib Hukumnya Bagi Umat Islam Dukung Palestina

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Majlis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram membeli produk-produk yang mendukung agresi Isarel terhadap Palestina. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi Palestina dari penjajahan Zionis Israel.

    Fatwa Tersebut, tertuang dalam fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 Tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Prioritaskan Penataan PKL di Tiga Wilayah

    Sekertaris Umum (Sekum) MUI Jawa Barat Rafani Akhyar menyampaikan, wajib hukumnya bagi umat Islam mendukung perjuangan rakyat Palestina dari kebiadaban Israel.

    “Jadi kalo tidak di dukung bisa terbayangkan oleh kita, nah ini juga sekaligus pembuktian bahwa umat islam itu bersaudara, umat islam itu kan bagaikan satu tubuh, apabila satu tubuh itu sakit maka bagian tubuh yang lainnya juga akan terasa sakit, nah MUI ingin membuktikan itu,”kata Rafani saat ditemui di Kantor MUI Jawa Barat Jalan Ciliwung Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung Jabar Selasa (14/11/2023).

    Rafani menyebut, serangan membabi buta telah dilakukan kaum zionis Israel di jalur Gaza yang telah membunuh ribuan anak-anak dan warga sipil lainnya. Israel telah bertindak diluar nilai kemanusiaan.

    BACA JUGA: DKPP Kota Bandung Ungkap Harga Telur dan Daging Ayam Naik Jelang Nataru 2024

    “Bayangkan saat ini kan korban sudah 11 ribu lebih hampir setengah nya anak anak, jadi sudah diluar dari batas-batas kemanusiaan sudah lewat nalar. Jadi umat islam khususnya kalau ada yang tiba-tiba bersimpati apalagi mendukung kepada Israel itu dinyatakan haram hukumnya jadi membela palestina wajib,mendukung israel haram,”ucapnya.

    Menurutnya, jika masih ada masyarakat yang masih membeli produk dari produsen yang mendukung Israel. Sama saja dengan mendukung genosida Israel terhadap Palestina.

    “Kalau semua memboikot produk israel itu besar kerugian untuk mereka, karena dengan membeli produk israel itu sama dengan menyumbang untuk membunuh warga Palestina,” ungkapnya.

    Rafani menambahkan, jika ada yang menilai aksi boikot produk yang mendung Israel tidak berdampak terhadap penyelesaian di Palestina.

    “Jadi jangan ada pemikiran wah gak akan¬† pengaruh aksi boikot, pokonya sekecil apapun upaya yang bisa dilakukan umat Islam, lakukan karena Israel ini sudah menjajah, menindas di luar batas masa umat islam mau diam, masa umat islam ada yang simpati ke israel kan aneh,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img