spot_img
Kamis 30 November 2023
spot_img
More

    Jokowi: Israel Harus Tanggung Jawab atas Kekejaman di Gaza!

    JAKARTA,FOKUSJaba.id: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Israel mempertanggungjawabkan serangan yang membuat Gaza porak-poranda. Ulah Israel itu menewaskan lebih dari 10 ribu warga Palestina.

    Hal ini disampaikan Jokowi saat mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), untuk bertemu Presiden Joe Biden serta menghadiri KTT APEC. Sebelum ke AS, Jokowi mengunjungi Arab Saudi untuk menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

    “Dunia seolah tak berdaya menyaksikan penderitaan warga Palestina. Saya mengajak negara-negara OKI untuk bersatu, berada di garis terdepan untuk memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” kata Jokowi, Senin (13/11/2023).

    Jokowi mendesak agar gencatan senjata segera dilakukan. Presiden juga meminta bantuan kemanusiaan ke Gaza dipercepat dan diperbanyak. Perundingan damai pun harus segera dimulai.

    “Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” tegas Jokowi.

    BACA JUGA: Suhartoyo Resmi Menjabat Ketua MK, Anwar Usman Absen!

    Jokowi akan bertemu Presiden Biden di Gedung Putih pada Senin, (13/11/2023), waktu setempat.

    “KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan pesan inilah yang akan saya sampaikan ke Presiden Biden esok hari. Ini adalah suara dari 57 negara, sepertiga suara negara di dunia,” kata dia, melansir IDN.

    “Selain itu, saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden,” lanjut Jokowi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img