spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Sekda Kota Bandung: TPS Gedebage untuk Pengelolaan Sampah

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekda Kota Bandung Jawa Barat (Jabar), Ema Sumarna memastikan, Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Gedebage akan dijadikan sebagai tempat pengelolaan sampah.

    “Jadi di sana itu bukan menumpukan sampah. Tapi mengelola sampah. Ada yang organik dan anorganik. Ini mungkin dua minggu ke depan kita akan bangun hanggar untuk magotisasi untuk komposting,” kata Ema Sumarna, Kamis (2/11/2023).

    BACA JUGA:

    Darurat Sampah, Pemkot Bandung Manfaatkan TPSA Cibeureum Sumedang

    Pihaknya pun akan memprioritaskan sampah pasar. Di mana saat ini kontribusinya 4-5 ton per lokasi.

    “Jadi di pasar saja dalam satu hari jika tidak ada edukasi 165 ton per-hari. Kalau ini tidak ditangani ya wajar Bandung jadi lautan sampah. Tapi kita harus terus berpikit supaya Bandung tidak menjadi lautan sampah,” ujar Sekda Kota Bandung.

    BACA JUGA:

    35 Ribu Ton Sampah Tertahan, Ini Langkah Pemkot Bandung

    Saat ini, Pemkot Bandung tengah membuka peluang pemanfaatan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cibeureum Kabupaten Sumedang.

    TPSA Cibeureum sebagai salah satu solusi pembuangan sampah akhir Kota Bandung.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengaku, saat ini tengah berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang untuk menggunakan TPSA Cibeureum.

    “Ada opsi lain di Sumedang (TPSA Cibeureum). Mudah-mudahan disetujui Pj Bupati karena sampah sudah menumpuk,” kata Bambang di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana, Kamis (2/11/2023).

    Selain itu, pihaknya juga terus mendorong adanya peningkatan pengolahan sampah mandiri di berbagai cluster sebagai upaya penanggulangan di hulu.

    “Kita juga sudah mulai menekan dan memastikan pengelolaan sampah di beberapa cluster. Seperti pasar, pendidikan, rumah sakit, mall dan restoran. Tinggal menghitung besar volume yang bisa kita lakukan (pengolahan). Sebagai sebuah gambaran, sampai dengan saat ini kedaruratan yang ada di Kota Bandung masih terjadi,” ungkapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img