spot_img
Minggu 14 April 2024
spot_img
More

    35 Ribu Ton Sampah Tertahan, Ini Langkah Pemkot Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemkot Bandung terus berupaya mencari alternatif sementara tempat pembuangan akhir (TPA). Kali ini, membuka potensi kolaborasi dengan Pemkab Sumedang Jawa Barat (Jabar).

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut, hari ini pihaknya akan mengunjungi satu lahan di kawasan Cijeruk, Kabupaten Sumedang.

    BACA JUGA:

    Disdagin Kota Bandung Ungkap Penyebab Harga Cabai Terus Meroket

    Ia berharap segera terjalin kerja sama antara Pemkot Bandung dan Pemkab Sumedang untuk menangani sekitar 35 ton ton sampah yang masih tertahan di 24 TPS Kota Bandung.

    “Kami telah berkoordinasi dengan Penjabat Bupati Sumedang. Atas izin Pj Wali Kota Bandung, saya akan berkunjung ke Kabupaten Sumedang. Kita akan melihat TPA Cijeruk dan potensi lokasi lain untuk kami manfaatkan,” kata Ema, Kamis (2/11/2023).

    Menurutnya, jika dihitung ritase, dari 35 ribu ton diperlukan sekitar 6.775 kali pembuangan ke TPA untuk menyelesaikan permasalahan sampah di 24 TPS tersebut.

    BACA JUGA:

    Pemkot Bandung Serahkan Ratusan Sertifikat Halal dan Uji Mutu Kepada UMKM

    “Mudah-mudahan terbagi dua, ke TPA Sarimukti dan lokasi TPA yang baru ini. Mudah-mudahan, kami mohon doanya,” ucapnya.

    Selain itu, pihaknya pun mendorong setiap unsur kewilayahan untuk cepat mengeksekusi pengelolaan sampah mandiri berbasis kewilayahan. Mulai dari level RW, Kelurahan hingga Kecamatan.

    “Dengan kerendahan hati, mari kita berubah. Waktu dan ruang berpikir sudah tidak ada lagi, jadi mulai kapan? Mulai sekarang kita hadirkan kebiasaan baru bijak mengelola sampah,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img