spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Sampah di Pasar Menumpuk, Sekda Kota Bandung Minta Warga Pasar Ikut Kelola Sampah

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengakui, tumpukan sampah masih terjadi di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung. Oleh karenanya, ia mengajak pedagang untuk turut memilah sampah.

    “Sampah pasar itu dominan. Warga pasar belum optimal memilah sampah. Apalagi mereduksi sampah, mereka itu inginnya membuang saja. Ini yang segera dipaksa untuk edukasi, karena TPS itu tidak untuk organik dan anorganik, yang boleh itu hanya residu. Mereka harus belajar. Mau kapan lagi, ini harus bergerak,” kata Ema Sumarna Selasa (24/10/2023).

    Menurutnya, pasar yang dikelola oleh Pemkot Bandung merupakan bagian organisasi yang harus mengikuti aturan. Pengelola pasar bisa bekerja sama dengan vendor bahkan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup.

    BACA JUGA: Sampah Menumpuk, Sekda Kota Bandung Minta Aparat Kewilayahan Segera Tangani TPS Gedebage

    “Perumda Pasar bagian organisasi pemerintahan, mereka harus berfikir lebih baik. Secara teknis mau kerja sama dengan vendor, atau secara intensif dengan DLH, kita sudah ingatkan. Jadi sampah bagian daripada tugas utama yang harus ditangani,” jelasnya.

    Ema menambahkan, saat ini memasuki musim penghujan, sehingga masyarakat diimbau untuk mengelola sampah jangan sampai terjadi banjir.

    “Kalau itu terjadi tumpukan, jelas akan merusak estetika sehingga menimbulkan bau. Kalau bertumpuk di jalan itu akan menjadi potensi berserakan, kalau terbawa air hujan,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img