spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    Bey Machmudin: Budaya Sunda Akan Terus Terjaga

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri puncak acara Milangkala ka-67 Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS) di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung. Rabu (18/10/2023) malam WIB. 

    Dalam sambutannya, Bey menyatakan bahwa budaya Sunda akan terus terjaga dan bertahan sampai kapan pun. Hal itu terlihat dari banyaknya generasi muda yang merawat kebudayaan Sunda.

    “Malam ini, saya melihat banyak sekali yang muda, sampai yang sudah tua, berbahasa Sunda dengan bagus sekali. Tadi dari kesenian juga bagus sekali. Saya optimistis bahwa budaya Sunda akan terus bertahan sampai kapan pun,” katanya.

    BACA JUGA: Siswa SMKN 1 Padaherang Pangandaran Tembus Juara 2 Suzuki Vocational Contest Region se-Jawa Barat 2023

    Bey pun berharap DAMAS dapat menjadi organisasi yang terus berkembang, konsisten, dan aktif, dalam melestarikan kebudayaan Sunda. 

    “Selamat Hari Jadi DAMAS ke-67. Semoga semakin sukses, selamanya konsisten dalam mengangkat harkat dan derajat budaya Sunda untuk kebesaran Indonesia,” ucap Bey. 

    Selain itu, Bey juga mendorong agar BIJB Kertajati yang akan beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 nanti memiliki sentuhan budaya Sunda. Salah satunya tulisan Wilujeng Sumping atau Selamat Datang dan kehadiran banyak kuliner khas Jawa Barat.

    Hal tersebut akan membuat pengunjung yang datang maupun berangkat dari BIJB Kertajati dapat lebih mengenal budaya dan potensi Jabar. 

    “Kita berharap bandara itu menjadi bandara yang membanggakan kita semua,” ucap Bey.

    BACA JUGA: Bey Machmudin Tegaskan ASN Jaga Harus Netralitas Pada Pemilu 2024

    “Saya berpesan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat masih sangat kurang sentuhan Sundanya. Saya tadi pas tiba itu sama sekali tidak melihat tulisan Wilujeng Sumping. Tadi sudah seperti metropolitan tidak berbeda dengan (Bandara) Soekarno-Hatta,” kata dia.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img