spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Rekomendasi Film Dokumenter, Pil Pahit Fakta Sejarah Dunia

    FOKUSJabar.id: Rekomendasi Film dokumenter, sebelumnya mengenal terlebih dahulu jenis film non-fiksi yang bertujuan untuk mendokumentasikan peristiwa, orang, tempat, atau topik tertentu dalam format audiovisual.

    Film dokumenter menggambarkan kehidupan nyata dan menyajikannya dengan cara yang informatif, edukatif, atau menghibur. Selanjutnya tujuan film dokumenter bisa beragam, termasuk menyampaikan pesan sosial, mengungkapkan kebenaran, atau menginspirasi penonton.

    Berbeda dengan film naratif yang menceritakan cerita fiksi dengan aktor dan skenario yang telah tertulis. Film dokumenter menggunakan rekaman asli, seperti wawancara, rekaman video, foto, atau arsip lainnya, untuk menggambarkan kejadian sebenarnya.

    Meskipun rekomendasi film dokumenter berdasar pada kenyataan, pengarah film dokumenter memiliki kebebasan artistik dalam memilih sudut pandang. Kemudian cara penyuntingan, dan pengambilan gambar untuk menciptakan narasi yang kuat dan menggugah perasaan penonton.

    Film dokumenter dapat membahas berbagai topik, termasuk sejarah, politik, lingkungan, budaya, ilmu pengetahuan, agama, atau tokoh terkenal. Dalam beberapa tahun terakhir, film dokumenter juga telah menjadi media yang populer untuk menyampaikan pesan sosial dan membangkitkan kesadaran tentang isu-isu global.

    Rekomendasi Film Dokumenter

    Tentu, berikut adalah beberapa rekomendasi film dokumentasi menarik yang bisa Anda tonton:

    “Blackfish” (2013)

    Film ini mengungkap kehidupan paus pembunuh di penangkaran bahkan dampaknya terhadap para pelatih manusia.

    “Won’t You Be My Neighbor?” (2018)

    Film ini menceritakan kisah Fred Rogers, pembuat dan pembawa acara “Mister Rogers’ Neighborhood,” yang memiliki dampak besar pada generasi bahkan terhadap anak-anak di Amerika Serikat.

    “The Act of Killing” (2012)

    Rekomendasi Film Dokumenter ini menggali pembunuhan massal di Indonesia pada tahun 1965 melalui sudut pandang para pelaku. Selanjutnya memberikan pandangan yang unik dan mengerikan tentang kejahatan kemanusiaan.

    “13th” (2016)

    Film ini membahas sistem penjara Amerika Serikat dan bagaimana hukum yang maksudnya untuk melindungi warga negara sering kali digunakan untuk menghukum orang kulit hitam secara tidak adil.

    “Citizenfour” (2014)

    Dokumenter ini mengikuti pengungkapan rahasia pengawasan massal oleh pemerintah Amerika Serikat, terungkapkan oleh Edward Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA).

    “Jiro Dreams of Sushi” (2011)

    Film ini menggambarkan kehidupan Jiro Ono, seorang sushi master di Tokyo, yang mengejar kesempurnaan dalam seni pembuatan sushi.

    “Amy” (2015)

    Rekomendasi film dokumenter ini mengisahkan kehidupan dan karier penyanyi berbakat Amy Winehouse, serta dampak buruk media dan ketenaran terhadap kesehatan mentalnya.

    “RBG” (2018)

    Film ini mengangkat kisah kehidupan dan karier Justice Ruth Bader Ginsburg, seorang tokoh ikonik dalam perjuangan hak-hak perempuan dan kesetaraan.

    “Free Solo” (2018)

    Film ini mengikuti petualangan mendebarkan seorang pendaki tebing, Alex Honnold, dalam mencoba mendaki tebing El Capitan tanpa menggunakan tali pengaman.

    “The Fog of War” (2003)

    Dokumenter ini memberikan wawasan mendalam tentang pemikiran dan kebijakan perang dari Robert McNamara. Beliau merupakan mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, selama Perang Vietnam.

    Berikut merupakan beberapa rekomendasi film dokumenter. Semoga Anda menemukan film dokumenter yang menarik dari daftar ini.

    (Ifansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img