spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Jokowi Sebut Perang Pecah Akibat Israel Duduki Wilayah Palestina

    JAKARTA,TM.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan akar masalah dari konflik Hamas-Israel.

    Imenilai, hal itu disebabkan Israel yang menduduki wilayah Palestina. Jokowi pun mendorong masalah tersebut segera diselesaikan.

    “Akar konflik tersebut yaitu pendudukan wilayah Palestina dan Israel harus segera diselesaikan, sesuai dengan parameter yang sudah disepakati PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa),” kata Jokowi dalam keterangannya yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/10/2023).

    Dalam kesempatan itu, Jokowi mendesak perang antara Israel dengan Palestina harus segera dihentikan. Sebab, banyak warga tak berdosa menjadi korban.

    BACA JUGA: Gerindra Konfirmasi PSI Bakal Temui Prabowo, Kode?

    “Indonesia mendesak agar perang dan tindakan kekerasan segera dihentikan, untuk menghindari semakin bertambahnya korban manusia dan hancurnya harta benda. Karena eskalasi konflik dapat menimbulkan dampak kemanusiaan yang lebih besar,” ucap dia.

    Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mendorong Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, untuk melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah konflik.

    “Saya minta Menteri Luar Negeri dan jajaran kementerian terkait segera mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI yang ada di wilayah konflik,” kata dia.

    Sebelumnya, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun menerima dukungan dari sejumlah perwakilan negara Arab yang ada di Jakarta, hari ini.

    Adapun perwakilan negara Arab (duta besar maupun wakil duta besar) yang datang adalah Maroko, Yaman, Yordania, Tunisia, Mesir, Uni Emirat Arab, Mauritania, Bahrain, Aljazair, Libya, Oman, Sudan, Suriah, Lebanon, Kuwait, Somalia, dan Irak serta Iran.

    “Mereka semua memberikan dukungan dan pesan-pesan kepada Palestina terkait situasi saat ini,” kata Al Shun, di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img