spot_img
Senin 15 Juli 2024
spot_img
More

    Cara Membuat Layangan Tradisional Mudah Siap Terbang

    FOKUSJabar.id: Membuat layangan adalah kegiatan yang menyenangkan dan dapat menjadi hobi yang menarik. Berikut adalah cara dan panduan umum untuk membuat layangan tradisional jenis diamond (berbentuk seperti berlian), yang merupakan salah satu jenis yang paling sederhana :

    Siapkan Bahan: Pastikan Anda memiliki semua bahan yang untuk membuat Layangan.

    • Kertas tisu atau kertas krep (ukuran sekitar 60 cm x 60 cm).
    • Dua batang bambu atau stik kayu (panjang sekitar 90 cm dan 120 cm).
    • Lem kayu atau lem putih.
    • Benang nilon atau benang khusus.
    • Gunting.
    • Cat, pensil, atau spidol untuk dekorasi (opsional).

    Cara dan Langkah-langkah Membuat Layangan

    Bentuk Bambu: Potong satu batang bambu menjadi dua bagian yang sama panjang (sekitar 45 cm masing-masing) untuk membuat dua garis diagonal pada layang-layang Anda. Bambu yang lebih panjang (sekitar 120 cm) untuk menjadi bingkai atas.

    Bentuk Bingkai: Bentangkan bambu yang lebih panjang dalam bentuk huruf “T”. Kemudian letakkan bambu yang lebih pendek di tengahnya untuk membentuk bingkai layang-layang.

    Rekatkan Bambu: Gunakan lem kayu untuk merekatkan ujung-ujung bambu yang bertemu di tengah. Pastikan bingkai layang-layang Anda terlihat seperti berlian.

    Pasang Kertas Tisu: Letakkan kertas tisu atau kertas krep di atas bingkai. Kemudian potong kertas sesuai dengan bentuk bingkai, tetapi pastikan ada sedikit kertas yang menonjol di luar bingkai. Rekatkan kertas ke bingkai dengan lem kayu.

    Hias Layang-layang: Jika Anda ingin menghias Layang-layang, gunakan cat, pensil, atau spidol untuk membuat desain di atas kertas.

    Pasang Benang: Gunakan benang nilon atau benang khusus layangan untuk membuat tali di sekitar bingkai layangan. Lebih lanjut pastikan tali ini membentuk pola segitiga dengan dua garis diagonal bambu yang Anda buat di langkah 2.

    Tali Gantungan: Pasang tali gantungan di ujung atas layang-layang (di tengah batang bambu yang lebih panjang). Kemudian tali tersebut kegunaannya untuk mengendalikan layanng-layang.

    Jika semua proses dan bahan sudah dilaksanakan, sekarang layang-layang Anda sudah siap untuk diterbangkan. Selanjutnya pergi ke tempat terbuka yang aman, pastikan tidak ada rintangan, dan cobalah untuk menerbangkan layang-layang Anda.

    Berikut cara membuat layangan mudah dan simple. Selanjutnya ingatlah bahwa pembuatan layangan mungkin memerlukan sedikit latihan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Selanjutnya anda juga dapat mengkustomisasi desain dan ukuran layangan sesuai dengan preferensi Anda.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img