spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    13 RSUD di Jawa Barat Terima Hibah Ventilator

    CIANJUR,FOKUSJabar.id: Plh Sekda Provinsi Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmaja hadiri serah terima ventilator pada 13 Rumah Sakit bertempat di Kantor RSUD Sayang Cianjur, Jumat (22/9/2023).

    Sekda mengapresiasi UNDP Indonesia dan Croda Foundation yang telah menjadi mitra Pemprov Jabar dalam meningkatkan akses perawatan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

    BACA JUGA:

    Pabrik Pengolahan Makanan Ternak di Ciamis Terbakar

    “Kami apresiasi Dinas Kesehatan. Terutama teman-teman di Posko Oksigen yang terus mencari alternatif pendanaan untuk menyupport alat-alat kesehatan. Terbukti kita mendapatkan 13 ventilator yang memang sangat bermanfaat,” katanya.

    Ke-13 RSUD yang mendapatkan ventilator, yakni Rumah Sakit Paru Sidawangi, RS Pameungpeuk Garut, RS Sayang Cianjur, RS Pandega Pangandaran, RSU Slamet Garut, RS Jampang Kulon.

    RSUD Ciamis, Cibabat Cimahi, Cideres Majalengka, Sumedang, Bandung Kiwari, SMC Tasikmalaya dan RSUD Arjawinangun.

    Pemerintah juga memberikan hibah ventilator, Croda Foundation dan UNDP pun menawarkan tiga bantuan lainnya.

    BACA JUGA:

    PJ Gubernur Jabar, Momentum Darurat Sampah Harus Jadi Perubahan dari Hulu Sampai Hilir

    Setiawan meminta, Kepala Dinas Kesehatan Jabar untuk mendata dan meriset tiga prioritas Jabar dalam bidang kesehatan.

    ventilator fokusjabar,id
    Plh Sekda Jabar (foto Ist)

    “Sementara di tahap ini ventilator saja. Tetapi tadi dari pihak Croda Foundation dan UNDP (menawarkan bantuan). Tolong buat tiga list prioritas,” ucapnya.

    “Nanti Dinas Kesehatan yang akan merumuskan kebutuhan alat yang paling tinggi oleh RS,” dia menambahkan.

    Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Vini Adiani Dewi menuturkan, hibah ventilator ini berawal dari kerja sama Dinas Kesehatan, UNDP Indonesia dan Croda Foundation dalam pengadaan tabung oksigen pada masa pandemi Covid-19.

    Seiring berjalannya waktu, angka Covid-19 menurun. Selanjutnya terjadi negosiasi untuk mengalihkan hibah yang diberikan.

    “Dengan adanya penurunan kasus Covid-19, kami akhirnya negosiasi dengan UNDP dan Croda untuk mengalihkan bantuan tabung oksigen ke ventilator,” kata Vini.

    Vini menuturkan, 13 ventilator ini diberikan kepada rumah sakit yang dianggap ke depannya lebih responsif, inovatif dan bersemangat memberikan pengembangan layanan yang lebih baik.

    UNDP Indonesia, Vidia Darmawi mengatakan, pihaknya mengaku senang dan bangga memfasilitasi proses kerja sama antara pihak swasta dan pemerintah dalam pengadaan ventilator.

    Bantuan ini juga merupakan komitmen dari UNDP dalam memenuhi kebutuhan kesehatan. Khususnya di Jabar.

    “Kami dibantu Croda sangat senang bisa menjadi pemicu bagi masyarakat. Khususnya Pemprov Jabar, Kabupaten Cianjur serta daerah lainnya,” ungkapnya.

    Vidia berharap, ketahanan dalam bidang kesehatan ini bisa terjaga dan ditingkatkan. Begitu pula kerja sama yang terjalin dapat terus berjalan dengan baik.

    (Budiana Martin/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img