spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Jangan Abaikan! Ini Efek Bahaya Menahan Bersin

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menahan bersin adalah tindakan yang seringkali dianggap sepele. Tetapi sebenarnya dapat memiliki efek bahaya pada tubuh kita.

    Bersin adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau iritan dari saluran pernapasan. Ketika kita menahan bersin, berbagai komplikasi dapat muncul.

    BACA JUGA:

    Mengenal Lebih Dekat tentang Alergi Makanan: Penyebab, Gejala, dan Pengelolaan

    Melansir dari berbagai sumber, berikut efek bahaya yang dapat terjadi:

    – Menyebabkan Tekanan pada Telinga

    Ketika bersin udara dikeluarkan dengan kecepatan tinggi melalui hidung dan mulut.

    Jika bersin ditahan, tekanan dalam saluran pernapasan dapat mempengaruhi telinga bagian dalam, menyebabkan rasa sakit atau bahkan kerusakan pada gendang telinga.

    – Tekanan pada Pembuluh Darah

    Menahan bersin dapat meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah.

    Ini bisa berisiko bagi orang dengan masalah kardiovaskular.

    – Cedera pada Saluran Napas

    Ketika bersin ditahan, udara dan tekanan bisa kembali ke saluran pernapasan, memungkinkan partikel berbahaya masuk lebih dalam ke paru-paru. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi pernapasan.

    – Stres pada Tubuh

    Menahananya dapat menciptakan stres fisik pada tubuh yang pada gilirannya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan kesejahteraan umum.

    – Gangguan Pada Tenggorokan dan Leher

    Terkadang menahan bersin dapat menyebabkan cedera pada tenggorokan dan leher karena usaha keras untuk menahan aliran udara yang kuat.

    BACA JUGA:

    Harmoni Malam: Menghargai Pentingnya Tidur yang Cukup

    Dalam situasi tertentu, seperti di tempat umum atau dalam situasi yang memerlukan kesopanan, seseorang mungkin merasa perlu menahan bersin.

    Namun sebaiknya mencoba untuk melakukannya dengan lembut dan tanpa menutup mulut atau hidung sepenuhnya.

    Lebih baik bersin ke dalam siku atau tisu untuk mengurangi risiko efek bahaya yang mungkin timbul.

    Segera mencari bantuan medis jika kita mengalami gejala yang tidak normal setelah menahan bersin, seperti rasa sakit yang berlebihan atau masalah pernapasan.

    Penting untuk diingat bahwa bersin adalah respons tubuh yang sehat, dan melakukannya dengan benar adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan kita.

    (Fauza)

    Berita Terbaru

    spot_img