spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    184 Atlet dari 14 Provinsi Ikuti Kejurnas Panjat Tebing Piala Gubernur Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kejuaraan nasional panjat tebing ‘Piala Gubernur Jawa Barat 2023’ secara resmi dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja di Cikole Climbing Park, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/8/2023). 

    Sebanyak 184 atlet dari 14 provinsi dan 27 kota/kabupaten di Jabar ikut serta dalam kejuaraan Piala Gubernur Jabar kedua di tahun 2023 ini.

    Pada pelaksanaan Piala Gubernur Jabar 2023 di cabang olahraga panjat tebing, dipertandingkan dua kategori untuk putra putri. Yakni combine dan speed world record.

    BACA JUGA: Ajang Bergengsi, Kejuaraan Panjat Tebing Piala Gubernur Jawa Barat 2023 Digelar

    “Untuk combine, yang dipertandingkan di nomor lead dan boulder. Baik di kelompok putra maupun putri,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Djati Pranoto saat memberikan sambutan pada pembukaan kejuaraan, Rabu (9/8/2023).

    Dari 184 atlet, lanjut dia, sebanyak 58 atlet berlaga di nomor combine putra dan 37 atlet bertanding di nomor combine putri. Sedangkan di nomor speed world record putri diikuti 36 atlet dan 53 atlet bersaing di nomor speed world record putra.

    “Selain Jabar, ada 13 provinsi lain yang ikut serta diantara Jatim, Jateng, DKI Jakarta, Banten, Papua, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, hingga Kepulauan Bangka Belitung. Selain dari klub atau pengcab, atlet yang dipersiapkan untuk PON XXI pun ikut tampil pada kejurnas ini,” Djati menegaskan.

    Sekda Prov.Jabar,  Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, olahraga panjat tebing menjadi salah satu olahraga yang berpotensi memberikan banyak sumbangsih medali emas di PON. Pertama kali dipertandingkan pada PON XV di Surabaya, kini panjat tebing menjadi cabor yang resmi dipertandingkan pada PON XXI dan memperebutkan 16 medali emas.

    “Panjat tebing ini menjadi olahraga prestasi yang memperebutkan banyak medali, ada 16 nomor dan ini cukup banyak. Karena itu, maka pembinaan di cabang olahraga ini haruslah serius,” kata Setiawan.

    BACA JUGA: Wasit Berlisensi FIFA, OKI Dwi Putra Apresiasi Turnamen Piala Gubernur Jabar 

    Dengan target Jabar Hattrick Juara pada PON XXI, kata dia, maka sekecil apapun peluang medali emas di setiap cabang olahraga harus dihitung. Salah satunya di cabang olahraga panjat tebing ini.

    “Cabor yang berpotensi terus didorong agar lebih baik dan meraih banyak medali emas di PON XXI nanti untuk mencapai target hattrick juara. Piala Gubernur Jabar ini menjadi salah satu ajang untuk mengasah potensi atlet dan memberi arti banyak, tidak hanya bagi Jabar, tapi juga bagi provinsi di luar Jabar,” kata Setiawan.

    (Ageng/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img