spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kampayekan Kebersihan, Polres Banjar Bersihkan Pasar

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Kepedulian Polri terhadap sampah terlihat dalam salah satu kegiatan jajaran Polres Banjar, Polda Jawa Barat, yang membersihkan sampah di sekitaran pasar Banjar, Kamis (13/7/2023). 

    Sebanyak 150 anggota gabungan dari Polres Banjar, dinas Lingkungan Hidup, dinas Pertanian, dinas UMKMP, Ormas, dan Karang Taruna, membersihkan sisa sampah plastik, sayuran, serta sampah lainnya dengan menggunakan sapu lidi dan serokan.

    Sampah tersebut kemudian dimasukkan ke plastik besar kemudian dikumpulkan lalu diangkut menggunakan truk sampah milik dinas Lingkungan Hidup ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di desa Cibeureum, Kota Banjar. 

    BACA JUGA: Hari Bhayangkara, Kapolres Tasikmalaya Kota Minta Polisi Tingkatkan Profesionalisme

    Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, melalui Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Banjar Kompol Dies Ratmono mengatakan budaya membuang sampah pada tempatnya harus terus digelorakan. 

    Menurutnya, jika hal itu terus dilakukan dengan konsisten maka akan dapat menginspirasi banyak orang.

    “Artinya bijak dalam menjaga lingkungan akan menjadi hal yang sehat bagi semuanya, termasuk masalah sampah juga menjadi hal utama karena berkaitan dengan lainnya seperti banjir serta pencemaran lingkungan,” ujarnya.

    Menurutnya, bahwa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang bersih masih belum optimal. 

    Untuk itu Polri mengajak kepada seluruh masyarakat bersama-sama menciptakan lingkungan bersih dari sampah. 

    “Masalah sampah ini menjadi serius dan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan secara menyeluruh. Untuk itu, kami dari Polri mengajak kepada masyarakat untuk membersihkan sampah dan membuang pada tempatnya. Hal ini agar terciptanya lingkungan bersih dan sehat,” katanya. 

    Sementara itu, Sekretaris Dinas KUKMP Kota Banjar, Neneng Widya Hastuti, mengapresiasi dengan apa yang dilakukan jajaran Polres Banjar.

    BACA JUGA: Langkah Pemerintah Tak Bubarkan Ponpes Al Zaytun Dinilai Tepat

    Menurutnya, ini merupakan kegiatan yang sangat positif guna menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat, dan nyaman. 

    “Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Banjar yang sudah membantu membersihkan sampah di area pasar Banjar. Ini merupakan kegiatan positif yang harus terus dilakukan minimal sebulan sekali. Melalui kegiatan ini jelas sangat membantu kami terutama dalam hal permasalahan sampah,” ujarnya. 

    (Sajidin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img