spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Pedagang VCD di Ciamis Tetap Bertahan Sekedar Untuk Makan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Iim (45) seorang pedagang kepingan VCD warga Kelurahan Linggasari masih tetap bertahan menjajakan dagangan nya di trotoar lingkungan Terminal Galuh Kabupaten Ciamis Jawa Barat, walaupun penghasilan dari jualannya tidak seberapa bila dibandingkan beberapa tahun sebelumnya di saat kepingan kaset VCD maupun DVD sedang booming.

    Iim menceritakan, beberapa tahun silam saat lagi boming boming nya kepingan kaset VCD maupun DVD jumlah pedagang yang berjualan di lingkungan Terminal Galuh dan Pasar Manis Ciamis jumlahnya sampai puluhan orang namun saat ini hanya tersisa dua orang pedagang saja.

    BACA JUGA: Petani Milenial Situmandala Ciamis Siap Kembangkan Ternak Sapi Potong

    “Untuk saat ini yang masih bertahan jualan hanya tinggal saya dan satu teman yang lain nya sudah gak jualan lagi,”katanya.Rabu (11/7/2023).

    Iim menuturkan, dulu saat lagi boming dan penjualan kepingan kaset VCD maupun DVD nya laku keras sehingga dalam satu hari saja omsetnya mencapai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

    “Saat lagi ramai ramai nya penjualan kepingan VCD dan DVD ini Saya sampai bisa membeli sepeda motor lima unit dan membangun rumah mewah,”ucapnya.

    Iim mengatakan, kejayaan yang diraihnya waktu lalu tersebut saat ini hanyalah tinggal kenangan saja karena saat ini penjualan kepingan VCD dan DVD sangat sepi sekali walaupun memang masih ada pelanggan yang datang membeli kepingan VCD dan DVD itu.

    BACA JUGA: Peternak Ciamis Dihimbau Waspada Terhadap Penyakit Anthrax

    “Untuk saat ini mah jangan kan untuk beli sepeda motor untuk makan sehari hari juga susahnya minta ampun karena penghasilan dari jualan nya sangat minim,”jelasnya.

    Iim melanjutkan, walaupun saat ini penghasilan dari jualan kepingan kaset VCD dan DVD sangat minim namun Dirinya tetap bertahan hanya untuk mencari makan karena tidak ada lagi pekerjaan yang bisa dilakukan nya karena telah mencoba usaha yang lain selalu gagal.

    “Ya terpaksa lah daripada tidak usaha sama sekali jualan kepingan VCD dan DVD ini tetap Saya lakoni karena telah mencoba berdagang di rumah malah bangkrut,”terangnya.

    Iim melanjutkan, untuk mendapatkan kepingan kaset VCD dan DVD tersebut untuk saat ini harus belanja ke luar daerah karena di Ciamis sendiri sekarang ini sudah tidak ada grosir yang berjualan kaset tersebut.

    “Saya harus belanja ke Tasikmalaya dan pelanggan yang masih membeli kepingan VCD dan DVD kebanyak lagu lagu MP3 dan kartun untuk anak anak, ” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img